Wednesday, March 10, 2021

Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus); Reproduksi, Klasifikasi, Morfologi



Klasifikasi Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)                                                       

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Class : Osteichthyes

Ordo : Tetraodontiformes                                

Family : Tetraodontidae

Genus : Colomesus

 

Morfologi Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)

memiliki bentuk tubuh memanjang dengan panjang tubuh maksimal sampai dengan 29 cm. Merupakan ikan demersal yang hidup soliter dan berenang lambat. Tubuh bagian punggung berwarna hijau gelap dengan enam garis hitam melintang,warna perut putih, sirip berwarna hijau tua atau coklat tua.

 

Reproduksi Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)

Reproduksi ikan parrot pufferfish air tawar dilakukan melalui pemijahan. Proses pemijahan terjadi secara alamiah pada induk yang sudah matang gonad. Penampakan morofologi pada induk yang sudah matang terlihat dari bentuk tubuh yang sudah membulat. Calon induk diletakkan pada akuarium secara berpasangan. Pada akuarium ditempatkan substrat berupa batu pipih yang bertujuan untuk tempat peletakkan telur.

 

Ciri Khusus Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)

Merupakan ikan demersal yang hidup soliter dan berenang lambat.Cara makan yaitu dengan menghancurkan makanannya tersebut menggunakan giginya yang kuat berbentuk segitiga dan dapat menggembungkan tubuhnya apabila terjadi ancaman pada lingkungan sekitar. Mampu menggembungkan diri hingga mencapai panjang maksimum 90 cm

 

Fisiologi Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)

Merupakan ikan tropis dan subtropis dengan suhu rata-rata 23 °C -26 °C. Ikan yang belum ada di Indonesia ini bersifat karnivora dengan makanan utamanya yaitu mollusca.

 

Peranan Bagi Perairan Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)

Memiliki racun yang membahayakan hewan air lainnya yaitu jenis zat tetrodotoxin yang merupakan racun dengan daya yang lebih kuat daripada sianida dan bisa menyebabkan kematian pada organisme lain saat terkena zat tersebut.

 

Tingkah Laku Ikan Buntal Atau Parrot Pufferfish (Colomesus psittacus)

Memiliki kemampuan untuk menggembungkan badannya yang berfungsi untuk mengelabui atau menakut-nakuti musuh sebagai bentuk pertahanan diri ketika diserang musuh. Terdapat duri-duri yang beracun pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuh. Ikan buntal merupakan karnivora (pemakan daging).

 

Penulis

Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment