Monday, January 11, 2021

Fisiologi Hewan

 


Fisiologi Hewan

 

Asal kata & Pembagian Fisiologi

         Fisiologi, dari kata Yunani physis = 'alam' dan logos = 'cerita', adalah ilmu yang mempelajari fungsi mekanik, fisik, dan biokimia dari makhluk hidup.

         Fisiologi dibagi: fisiologi tumbuhan dan fisiologi hewan tetapi prinsip dari fisiologi bersifat universal, tidak bergantung pada jenis organisme yang dipelajari. Misalnya, apa yang dipelajari pada fisiologi sel khamir dapat pula diterapkan pada sel manusia.

 

Definisi

         FISIOLOGI  HEWAN didefinisikan sebagai studi tentang aktivitas dan proses-proses yang terjadi dalam tubuh hewan, tentang bgm hewan makan, bernafas, bergerak, dan semua aktivitas supaya hewan tetap hidup

 

Secara teknis FISIOLOGI HEWAN mempelajari tentang:

         Sistem Pencernaan Makanan,

         Sistem Pernafasan,

         Sistem sirkulasi dan Fungsi Jantung,

         Sistem ekskresi dan Fungsi Ginjal,

         Otot dan Gerak,

         Sistem Hormon serta semua fungsi organ tubuh hewan.

         FISIOLOGI HEWAN juga mempelajari REGULASI & PROTEKSI, yaitu bgm hewan mengatasi gangguan lingkungannya. Misalnya menghindari kedinginan & kepanasan.

 

Regulasi

         Regulasi homeostasis merupakan usaha hewan untuk mencapai keadaan seimbang dinamis dari lingkungan internal tubuhnya.

Fungsi ini meliputi:

         Regulasi kandungan air jaringan. Air yang berada intrasel dan interstitial berasal dari darah. Tek. Hidrostatik darah sebabkan terjadinya filtrasi zat-zat dari dalam kapiler, sedangkan protein berukuran besar tetap tinggal dalam darah yang menyebabkan berlangsungnya pengembalian secara osmotik dari cairan interstisial ke dlam kapiler.

 

         Regulasi Suhu Tubuh. Air plasma akan menyerap panas metabolik dan mengangkutnya ke kulit dan paru-paru.

         Regulasi pH. Keasaman darah harus dijaga dalam rentangan tertentu untuk menunjang fungsi darah secara maksimal. Tugas ini tgt garam anorganik, protein plasma dan sel-sel.

 

Proteksi

         Proteksi dijalankan oleh sistem imun seluler, humoral dan trombosit (untuk pembekuan darah dan menutup luka)

 

Fisiologi hewan

         Fisiologi hewan bermula dari metode dan peralatan yang digunakan dalam pembelajaran fisiologi manusia yang kemudian meluas pada spesies hewan selain manusia. Fisiologi tumbuhan banyak menggunakan teknik dari kedua bidang ini.

         Cakupan subjek dari fisiologi hewan adalah semua makhluk hidup. Banyaknya subjek menyebabkan penelitian di bidang fisiologi hewan lebih terkonsentrasi pada pemahaman bagaimana ciri fisiologis berubah sepanjang sejarah evolusi hewan.

 

         Cabang ilmu lain yang berkembang dari fisiologi adalah biokimia, biofisika, biomekanika, dan farmakologi, imunologi.

 

Sejarah

         Fisiologi eksperimental diawali pada abad ke-17, ketika ahli anatomi William Harvey menjelaskan adanya sirkulasi darah. Herman Boerhaave sering disebut sebagai bapak fisiologi karena karyanya berupa buku teks berjudul Institutiones Medicae (1708) dan cara mengajarnya yang cemerlang di Leiden.

 

Bidang fisiologi

         Fisiologi memiliki beberapa subbidang. Elektrofisiologi berkaitan dengan cara kerja saraf dan otot; neurofisiologi mempelajari fisiologi otak; fisiologi sel menunjuk pada fungsi sel secara individual; Fisiologi Reproduksi.

         Banyak bidang yang berkaitan dengan fisiologi, diantaranya adalah Ekofisiologi yang mempelajari efek ekologis dari ciri fisiologi suatu hewan atau tumbuhan dan sebaliknya. Genetika bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi fisiologi hewan dan tumbuhan. Tekanan lingkungan juga sering menyebabkan kerusakan pada organisme eukariotik.

 

         Organisme yang tidak hidup di habitat akuatik harus menyimpan air dalam lingkungan seluler. Pada organisme demikian, dehidrasi dapat menjadi masalah besar.

         Dehidrasi pada manusia dapat terjadi ketika terdapat peningkatan aktivitas fisik. Dalam bidang exercise physiology, telah dilakukan berbagai penelitian mengenai efek dehidrasi terhadap homeostasis.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment