Tuesday, September 8, 2020

Ekologi Perairan Pencemaran Di Perairan Sungai Maupun Danau



Menurut Iriadi et al. (2015), Kualitas perairan danau yang semakin menurun akibat terjadinya pencemaran, akan mengganggu kehidupan banyak spesies di perairan termasuk jenis endemic. Evaluasi status keberlanjutan pengendalian pencemaran perairan danau harus memperhatikan beberapa aspek terutama ekologi. Hal ini disebabkan karena danau merupakan sebuah ekosistem yang dipengaruhi oleh banyak komponen dalam proses pencemaran yang terjadi.

 

Menurut Suryono et al. (2014), bahan pencemar yang masuk ke dalam ekosistem akuatik cenderung terakumulasi dan berikatan di sedimen. Logam berat merupakan salah satu bahan kontaminasi toksik yang sering dikaji dalam penelitian toksisitas sedimen. Bahan polutan yang ada di perairan akan terpapar ke biota akuatik akibat perubahan sifat kimia dan fisika perairan, sehingga baik langsung maupun tidak dapat mengancam kesehatan manusia maupun hewan predator lain dan secara umum dapat menurunkan integritas ekologi perairan.

 

Pencemaran yang terjadi di perairan sungai maupun danau sangat mempengaruhi kehidupan berkelanjutan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Maka dari itu perlu di perhatikan segala aspek yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan sungai ataupun danau, baik dari segi penanggulangan maupun dari segi pencegahan terhadap pencemaran itu sendiri. Pencemaran yang terjadi pada danau atau sungai dapat di akibatkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah pembuangan limbah pabrik industri yang ada di sekitar sungai atau danau itu sendiri. Maka perlu di lakukan langkah khusus untuk mencegah adanya pencemaran danau atau sungai yang ada di sekitar pabrik industri.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment