Saturday, July 11, 2020

Undinula Plankton (Undinula sp.) Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll




Undinula sp. adalah jenis zoolplankton, dimana Zooplankton merupakan jasad renik atau organisme air yang memiliki peranan yang besar dalam rantai makanan.

Klasifkasi Undinula Plankton (Undinula sp.)
Adapun klasifikasi dari Undinula sp. antara lain :
Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Maxillopoda
Subclass : Copepoda
Order : Calanoida
Family : Calanidae
Genus : Undinula
Species : Undinula sp.

Mofologi Undinula Plankton (Undinula sp.)
Hewan invertebrata, memiliki exoskeleton, memiliki tubuh tersegmentasi, memiliki pelengkap bersendi yaitu kaki bersendi Antena panjang, sedikitnya sampai sepanjang tubuhnya, Multiseluler, Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri, Biasanya ditemukan dalam air dengan kedalaman 0-9.001 meter (0-29.531 kaki). Prosome dan pedigerous segmen 1 menyatu. Sudut posterior segmen pedigerous 5 memperpanjang ke 1 atau 2 poin. Bagian mulut sama pada kedua jenis kelamin: Rahang atas 2 lobus dalam 1 dengan 6 setae. Leg Renang 2 exopod segmen 2 dengan batas proksimal luar invaginate pada kedua jenis kelamin. Leg segmen 5 basipod 2 dengan perbatasan batin telanjang di kedua jenis kelamin. Betina kaki 5 endopod dengan 7 setae; mereka pada segmen 1 dan 2 tulang-seperti. Jantan kaki kiri 5 sangat dimodifikasi. Luar tepi duri segmen exopod 1 dan 2 sangat memanjang dan segmen 3 sangat dimodifikasi; endopod absen. Jantan kaki kanan 5 dengan kedua Rami 3-tersegmentasi, endopod dengan mengurangi setation, exopod segmen 2 dengan batas distal luar memanjang memanjang sejauh tulang belakang luar pertama segmen 3.

Habitat Undinula Plankton (Undinula sp.)
Biasanya ditemukan dalam air dengan kedalaman 0-9.001 meter (0-29.531 kaki).

Reproduksi Undinula Plankton (Undinula sp.)
Reproduksi Aseksual, dan membelah keturunan.

Fisiologi dan Tingkah Laku Undinula Plankton (Undinula sp.)
Penting dalam banyak jaring makanan, termasuk bentuk larva dan dewasa yang mendukung perikanan komersial, Makan fitoplankton dan ganggang. Tubuh tersegmentasi ke cephalon atau kepala, dada, dan pleon atau perut Memiliki exoskeleton keras yang moulted selama pertumbuhan, mayoritas memiliki jenis kelamin yang terpisah, sejumlah kecil adalah hermafrodit, memiliki sejumlah bentuk larva, dengan awal yang disebut nauplius Rencana tubuh menjadi tetap pada akhirnya, tidak termasuk metamorfosis, motil (sebagian besar spesies), harus menelan organisme lain atau produk mereka untuk hidup.

Peran Undinula Plankton (Undinula sp.) di Perairan
Dalam rantai makanan zooplankton berperan sebagai konsumen tingkat-1 yang memakan fitoplankton, selanjutnya zooplankton ini akan dimakan oleh organisme lain yang lebih tinggi tingkatannya seperti ikan dan udang. Zooplankton memiliki alat gerak yang sangat kecil sehingga pergerakannya sangat halus dan terbatas. Pergerakan zooplankton dalam perairan sangat dipengaruhi oleh arus. Jenis dan kelimpahan zooplankton sangat berubah-ubah sesuai dengan kondisi lingkungan perairan (Sunarto, 2008).

Penulis
Vidi Ganda Putra
Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2014

Editor
Gery Purnomo Aji Sutrisno
Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment