Saturday, May 9, 2020

Ikan Payara; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll




Ikan Payara disebut ѕеbаgаі vampirnya dunia ikan. Ikan уаng уаng banyak ditemukan dі perairan air tawar dі Amerika Selatan іnі mempunyai ciri khas taring bаwаh уаng panjang dan tajam. Payara ѕаngаt licin, lincah, dan, mempunyai warna silver mencolok. Tubuhnya, bіѕа ѕераnјаng setengah meter dan giginya уаng tajam dеngаn gampang menembus daging mangsanya. Mеrеkа dikenal ѕеbаgаі pemangsa ikan-ikan piranha.

KLASIFIKASI IKAN PAYARA
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Aptinopteregii
Order : Characiformes
Famili : Cynodontidae
Genus : Hidrolycus
Spesies : Hydrolicus scomberoides

REPRODUKSI IKAN PAYARA
Ascidian bersifat monoesis, tetapi mandul sendiri. Ovarium adalah kelenjar besar berongga di lengkung intestinal, dan oviduk, pararel terhadap usus, membuka di rongga atrial dekat anus. Testis terdiri atas banyak tubulus  bercabang, di permukaan ovarium dan usus, yang mengeluarkan isinya ke vas deferens yang pararel terhadap oviduk. Beberapa unicata juga berproduksi secara aseksual dengan tunas. Ascidian sederhana, setiap individu terdapat  pada test yang terpisah.

PERAN IKAN PAYARA DI PERAIRAN
Sebagai hewan karnivora dan predator di perairan.

TINGKAH LAKU IKAN PAYARA
Seekor Payara membutuhkan akuarium yang sangat besar atau kolam besar. Karena sifat Payara yang agresif, maka disarankan untuk menempatkan satu ekor Payara saja dalam satu kolam untuk menghindari perkelahian yang menyebabkan kematian antar Payara itu sendiri. Sebuah akuarium Payara harus dihiasi dengan batu besar dan potongan besar bogwood untuk menciptakan tempat persembunyian bagi ikan tersebut.

HABITAT IKAN PAYARA
Jika memelihara ikan ini di aquarium, disarankan memberi makan ikan hidup yang berkualitas gizi baik, ikan mas dan guppy diketahui tidak memberi asupan gizi yang baik bagi payara. Payara yang juga dikenal dengan nama Sabretooth tetra ini merupakan ikan tropis dengan habitat asli perairan berarus deras, hidup pada suhu 24 – 28 Derajat Celcius dan pH 6 – 8. Di aquarium, ikan ini membutuhkan sistem oksigenasi yang sangat baik dan sistem pergantian air dianjurkan 30 – 40% tiap minggu. Teknik breeding sampai saat ini belum pernah dilaporkan di aquarium, begitupun untuk membedakan kelamin jantan dan betina yang masih sulit

CIRI-CIRI IKAN PAYARA
Memiliki gigi taring yang panjang dan menonjol keluar yang berasal dari rahang bawahnya. Dua gading yang tumbuh hingga 15cm yang terletak di rahang bawahnya. Gading ini menjadi senjata yang digunakan untuk menusuk mangsanya setelah secara brutal menerjangnya. Lubang khusus yang ada di rahang atas untuk menghindari tusukan dari gigi-giginya sendiri.

MORFOLOGI IKAN PAYARA
Gigi taring ini bisa mencapai panjang maksimum sekitar 4 sampai 6 inci, sedangkan ukuran tubuh Payara dewasa dapat mencapai 117 cm dan berat tubuh 17,8 kg. Gigi taring ikan ini sangat besar, dan untuk membantu mereka menutup mulut tersedia dua lubang di bagian atas kepalanya. Payara memiliki tubuh berwarna keperakan dengan sirip yang transparan dan terkadang sirip memiliki pinggiran berwarna hitam, warna hitam inilah yang membedakan payara dari ikan genus Hydrolycus yang lain selain ukurannya yang lebih besar. Payara dapat mencapai panjang 120 cm atau 47 inci dan berat 18 kg (40 pon) mereka adalah ikan predator yang sangat agresif yang ditemukan dalam air dengan arus yang bergerak cepat dan jeram

MANFAAT IKAN PAYARA
Ikan ini memiliki manfaat sebagai ikan hias, dan diminati oleh komunitas pecinta ikan predator.

PENULIS
Rizqi Agung
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
https://www.academia.edu/8799606/FILUM_CHORDATA
https://www.nevertebrate.ro/hydrolycus-scomberoides-19509
http://okadosh.blogspot.com/2009/10/ikan-predator-terganas-didunia.html
http://devaraa.blogspot.co.id/2011/01/payara-ikan-vampir-dari-brasil.html
http://alamhewandantumbuhan.blogspot.co.id/2015/07/10-binatang-paling-ganas-di-sungai.html

No comments:

Post a Comment