Tuesday, April 21, 2020

Ikan Rainbow Merah Atau Red Rainbow; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Rainbow Merah Atau Red Rainbow Irian (Glossolepis incisus Weber) adalah ikan hias air tawar yang memiliki daya tarik pada warnanya. Ikan dengan nama dagang red rainbow fish ini memiliki warna merah terang (merah bata) pada ikan jantan dan merah pucat pada betina. Terdapat warna keperakan di kedua sisi bagian tengah tubuh. Warna siripnya kemerahan atau jingga (Nasution, 2000). Ikan ini diklasifikasikan ke dalam Kingdom Animalia, Filum Chordata, Kelas Actinopterygii, Ordo Atheriniformes, Famili Melanotaeniidae, Genus Glossolepis, dan spesies Glossolepis incisus, Weber 1907 (Allen, 1974). Informasi tentang ikan ini masih terbatas pada aspek reproduksinya (Siby et al., 2009).

Warna sebagai nilai estetika sangat memengaruhi nilai ekonomis ikan hias. Oleh karena itu, kualitas warna harus dapat ditingkatkan dan dipertahankan, salah satunya melalui rekayasa nutrisi pakan seperti pada penelitian Mayasari & Said (2008) tentang pengaruh pakan terhadap penampilan warna ikan panchax kuning (Aplocheilus lineatus). Warna pada ikan disebabkan oleh adanya sel pigmen atau kromatofora yang terdapat dalam dermis pada sisik, di luar maupun di bawah sisik. Warna merah atau kuning merupakan warna yang banyak mendominasi ikan hias.

KLASIFIKASI IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Menurut Syiba (2009), klasifikasi ikan Rainbow Merah sebagai berikut :
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Divisi
: Teleostei
Super ordo
: Atherinia
Ordo
: Atheriniformes
Family
: Melanotainiidae
Sub family
: Melanotainiidae
Genus
: Glossolepis
Spesies
: Glossolepis incisus Weber, 1907
Nama umum
: Red Rainbow Fish, Rainbow Merah Irian (Inggris,Indonesia)
Nama daerah
: Ikan Kaskado, Heuw (Papua, Sentani)

HABITAT IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Menurut Tappin (2010), Glossolepis incisus merupakan salah satu ikan endemik danau Sentai. Danau Senati merupakan danau yang terletak 10 km pada bagian barat Jayapura. Danau ini memiliki kedalam 7 sampai 52 m. di habitat aslinya ikan ini mampu hidup baik pada suhu air 29◦ - 32C dengan PH 6,2-6,8. Menurut Nurhidayat (2009), habitat asli ikan rainbow merah adalah perairan yang mengalir.

FISIOLOGI IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Ikan Rainbow Merah merupakan ikan air hias air tawar yang memiliki ciri adaptasi hewan air tawar yaitu pengeluaran urin lebih banyak, urin yang di eksresikan encer. Ikan ini sangat sedikit meminum air. Tekanan osmosis sel tubuh ikan adalah lebih tinggi daripada air tawar dan dinding sel tubuhnya lebih tipis (Dapperleno, 2015).

MORFOLOGI IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Sibby (2009) menyatakan bahwa, ikan Rainbow Merah memiliki ciri tubuh yang pipih menyamping (compressed lateral), dengan sisik yang besar, pada sirip punggung terbagi dua, serta pada bagian sirip anal yang panjang dan linea lateralis memiliki bentuk yang tidak beraturan. Ikan ini bersifat demorsisme seksual, yang mana terlihat jelas pada ikan jantan yang bertubuh lebih besar dari pada ikan betina. Selain itu, ikan ini memiliki sifat dikromatisme seksual yang ditandai dengan warna tubuh hijau kekuningan (olive) hingga kecoklatan dan ikan jantan yang berwarna merah cerah dengan pantulan keperakan pada kepala dan kedua sisinya. Ikan ini berukuran panjang baku maksimum ikan Rainbow Merah janatan sekitar 120 mm dan betina 100 mm.

CIRI-CIRI IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Seluruh tubuh ikan ini berwarna merah sampai merah bata. Ikan ini memiliki sirip punggung 2 buah. Dan sirip punggung kedua dan sirip dubur memanjang sampai hampir ke pangkal ekor. Ikan ini bersifat omnivora dan masih suka memakan pakan alami. Ukuran maksimal ikan ini 5 inchi atau 12 cm ( Lesmana, 2001).

Diantara betina dan pejantan Ikan Pelangi Merah terdapat perbedaan warna yang terlihat, hal ini terjadi setelah ikan ini menjelang dewasa, betina memiliki warna jauh lebih sedikit dan sirip transparan lebih memanjang dan memiliki warna kuning zaitun. Sedangkan pejantan akan berubah menjadi warna merah terang setelah mencapai ukuran 5 cm. Panjang ikan ini masksimal dapat mencapai 15 cm meski ukuran tadi jarang ditemui di alam bebas, ukuran yang paling sering ditemui adalah sekitar 10 cm (Wikipedia, 2015).

Hanya jantan yang memiliki warna merah terang yang memberikan ikan ini banyak nama-nama umum nya. Ikan betina berwarna coklat zaitun dalam warna , dengan sirip yang jelas. Ikan yang masih muda dari kedua jenis kelamin juga memiliki tipe pewarnaan seperti induk betina . Umumnya pertumbuhan ikan ini hampir 5 cm ( 2 inci ) panjang untuk perubahan warna mereka . Ikan yang jantan jika bertambah tua maka mereka kembali menjadi lebih melengkung. Jantan tidak menampilkan warna merah ekstrim mereka adalah coklat kehitaman . Ada dua situasi di mana jantan akan menampilkan merah terangnya. Pada suhu yang lebih tinggi , jantan yang dominan akan memiliki merah terang sementara betina lain tidak akan. Pada suhu mendekati bagian terendah dari jangkauan mereka , semua laki-laki bisa menjadi merah terang (Bettatrading,2015).

REPRODUKSI IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Spesies ikan yang berasal dari famili Melanotaeniidae umunya tergolong pemijah bertahap, tidak mengasuh anaknya dan memperlihatkan pola pemijahan yang bervariasi berdasarkan musim yaitu pada musim basah, musim pengering dan sepanjang waktu (Milton & Arthington, 1984 ; Huword & Hughes, 2001; Pusey et al., 2001 dalam  Siby et al.,2009).

Reproduksi ikan Pelangi Merah di Danau Sentai terjadi saat ikan telah mencapai tingkat kematangan tertinggi pada ukuran pertama kali matang gonad (L50) pada ikan jantan 99,6 mm dan betina 99,2 mm. hal ini menggambarkan kematangan pada ikan pelangi merah jantan dan betina (Siby, 2009). Ikan yang telah mencapai kematangan pertama kali pada tingkat kematangan gonad tertinggi ditunjang oleh faktor lingkungan seperti suhu, ketersedian makanan yang cukup, perubahan pada level, kualitas air, interaksi interspesifik dan keterasedian tempat pemijahan dapat mempengaruhi pemijahan (Gomiero & Braga, 2004).

Variasi nisabah ikan Rainbow Merah di danau Sentanai diduga terjadi karena lingkungan kehidupan sosial ikan itu sendiri . Nibah kelamin ikan dapat dipengaruhi oleh kehidupan sosial ikan yaitu sifat bergerombol(Jobling, 1995). Di sifat menggerombol ikan jantan yang terlihat lebih agresif di wilayah litoral yang terbuka juga mempengaruhi variasi nisbah kelaminnya (Andrian, 2000 dalam Siby, 2009).

PERAN IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW DI PERAIRAN
Peran Ikan Raibow merah bersifat omnivore, maka perannya di perairan ialah sebagai organisme pada tingkatan diatas organisme karnivor. Maksudnya organisme ini yang menduduki tingkat trofik tertinggi atau terakhir yang disebut puncak konsumen (Andi, 2015).

TINGKAH LAKU IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Tingkah laku ikan Rainbow Merah, nisbah kelamin ikan pelangi merah dipengaruhi oleh tingkah laku ikan ini. Dalam bergerombol. Berdasarkan pengamatan terlihat ikan jantan banyak terlihat di daerah litoral, sedangkan ikan betina terlihat jarang dan banyak terdapat didaerah yang lebih dalam dan terlindung dari tumbuhan air (Siby et al., 2009).

MANFAAT IKAN RAINBOW MERAH ATAU RED RAINBOW
Ikan Rainbow Merah Atau Red Rainbow memiliki warna merah yang cerah, ikan asal irian ini biasanya dikoleksi bagi penghobi ikan hias karena warnanya yang sedap dipandang mata, Warna merah mencolok cocok dipelihara di akuarium sehingga mempercantik dalam akuarium anda.

PENULIS
Nandika Mareta
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Andi, S. 2015. Peran di Dalam Perairan. www.pengertianku.net//2015//03/pengertian-rantai-makanan-dan-contohnya- lengkap. html. Diakses Pada 27 Desember 2015 pukul 15.20 WIB.
Axelrod, R.H., Burges, E.W., Pronek, N. 1989. Axelrod’s Atlas Of Freshwater Aquarium Fishes 3rd Edition. TFII Publication. Inc. 992 hlm
Bettatrading.2015. Ciri Khusus Ikan Pelangi Merah.http: //www.bettatrading.com.au /Red-Rainbowfish-Fact-Sheet.php/. Diakses Pada 27 Desember 2015 pukul 15.20 WIB.
Dapperlino. 2015. Fisiologi Ikan Hias Air Tawar. http:// www. depperlino.wordpress .com /word/ikan-red-rainbow. Diakses pada 27 Desember 2015 pukul 15 WIB.
Dermawan, A. 2010. Jenis Ikan yang Dilindungi dan Masuk Dalam Appendiks CITIES. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan : Jakarta.
Gomiero, L.M. dan F.M.S. Braga, 2004. Reproduction of species of genus Cichla in a reservoir in the southeastern Brazil. Journal Biology. 64(1): 613- 624
Google Image. 2015. Ikan Rainbow Merah (Glossolepis incisus)
Google, image.2015.http://googleimage.com.html. diakses pada 22 Desember 2015.
Jobling, M. 1995. Environmental biology of fishes. London : Chapman and Hall.
Lesmana, D. S., dan Dermawan. 2004. Kualitas Air Untuk Ikan Hias Air Tawar. Jakarta : Penebar Swadaya.
Lesmana, D.S. 2001.Ikan Hias Air Tawar. Jakarta : Penebar Swadaya.
Nurhidayat.2009. Efektifitas Kinerja Media Biofilter Dalam Sistem Resirkulasi Terhadap Kualitas Air, Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Red Raibow (Glossolepis incisus Weber). Sekolah Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 85 hlm.
Ortega, H. 1986. Annoted Checklist Of The Freshwater Fishes Of Peru. Smithson. Contrib Zool. (437) : 1- 25.
Rahman, A. 2012. Tingkah Laku Ikan Blackghost (Apteronotus albifrons).Http://academica.Edu/4070033/Tingkah_Laku_Ikan_Hias_Blackghost_Apternotus_Albifrons. Diakses pada 22 Desember 2015 pukul 20.37 WIB.
Siby, L.S, M.F.Rahardjo dan D.S Sjafei. 2009. Biologi reproduksi ikan pelangi merah (Glossolepis incisus, Weber 1907) di Danau Sentani. Jurnal Ikhtiologi Indonesia. 9(1) :49-61. 
Subamia, W., N. Meilisza., Dan K. L, Mara. 2010. Peningkatan Kualitas Warna Ikan Rainbow Merah (Glossolepis Incisus, Weber 1907) Melalui Pengkayaan Sumber Karotenoid Tepung Kepala Udang Dalam Pakan. Jurnal Iktiologi Indonesia. Hal 1-9.
Taapin, A.R.2010. Rainbowfishes.Art Publication. Australia. 466 hlm. Wikipedia.2015. Ciri Khusus Ikan Pelangi Merah. https:// id.wikipedia.org/wiki/ Ikan-pelangi-merah. Diakses Pada 27 Desember 2015 pukul 15.15 WIB.

No comments:

Post a Comment