Friday, March 27, 2020

Agama Islam Oplas Dalam Pandangan Islam


Kepala, Manusia, Hidung, Plastik, Operasi

APA ITU OPERASI PLASTIK?
Operasi plastik secara sederhana dapat didefinisikan sebagai tindakan medis yang berkaitan dengan koreksi atau restorasi bentuk dan fungsi tubuh. Operasi Plastik berasal dari kata Plastikos, bahasa Yunani kwlo yang berarti mengolah atau membentuk, dalam hal ini objeknya adalah jaringan tubuh (tissue). Bedah Plastik merupakan suatu bidang spesialis dalam llmu Pembedahan yang mulai berkembang di Indonesia tahun 1965, dengan pionimya Prof.Dr. Munadjat Wiriaatmadja. Operasi plastik adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempunyai tujuan merubah bentuk bagian tubuh manusia menjadi lebih sempurna atau memperbaiki bagian tubuh manusia yang rusak akibat luka bakar, kecelakaan, atau cacat bawaan melalui prosedur operasi. Misalnya bibir sumbing, keloid, dan sebagainya. Sedangkan yang bersifat kosmetika misalnya membuat hidung mancung, melebarkan kelopak mata, dan sebagainya. A. Operasi Ghairu Ikhtiyariyah (tidak dikehendaki) B. Operasi Ikhtiyariyah (yang sengaja dilakukan). Merupakan suatu operasi yang bertujuan untuk mengobati penyakit yang terjadi tanpa kekuasaan seseorang di dalam penyakit tersebut. Operasi jenis ini hanya bertujuan untuk mengobati penyakit dan pada nantinya akan menghasilkan keindahan pada orang yang telah diobati dan keindahan itu hanya sebagai efek dari operasi dan ini dibolehkan di dalam syariat. Merupakan operasi yang dilakukan bukan karena alasan medis, namun mutlak hanya hasrat seseorang dalam meperindah diri dan berlebih-lebihan di dalam menafsirkan kata-kata indah itu.

ADA 2 BAGIAN OPERASI IKHTIYARIYAH
1. Operasi plastik yang merubah bentuk
2. Operasi yang bertujuan untuk menampakkan diri seolah-olah awet

Memperindah hidung, seperti membuatnya lebih mancung,dll. Memperindah dagu, dengan meruncingkannya, dll. Memperindah payudara dengan mengecilkannya jika terlalu besar atau membesarkannya         dengan suntik silicon atau dengan menambah hormon untuk memontokkan payudara dengan berbagai cara yang telah ditemukan. Memperindah kuping. Memperindah perut dengan menghilangkan lemak atau bagian yang lebih dari tubuh.

Memperindah wajah dengan menghilangkan kerutan yang ada dengan skaler atau alat lainnya. Memperindah kulit dengan mengangkat lemak yang ada dan membentuk wajah dengan apa yang dikehendaki. Memperindah lengan bawah sehingga tidak kelihatan bongkok dengan berbagai cara. Memperindah kulit tangan dengan menghilangkan kerut seolah kulit masih padat dan muda. Memperindah alis baik dengan mencukurnya agar nampak lebih muda.

1. Dampak Positif
2. Dampak Negatif
3. Dampak Psikologis

Operasi plastik terhadap bibir sumbing misalnya sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia agar yang bersangkutan dapat memiliki rasa percaya diri. Apalagi hilangnya rasa percaya diri akibat kekurangan salah satu anggota badan terkadang berakibat fatal bagi orang-orang tertentu yang tidak sabar. Demikian operasi plastik bagi yang bersangkutan merupakan sebuah solusi sekaligus memberikan dampak positif.

Salah satu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran modem adalah operasi plastik baik melalui operasi selaput dara untuk mengembalikan selaput dara yang hilang akibat perzinaan. Dalam kaitan ini, operasi selaput dara akan menjadi preseden buruk terhadap harkat dan martabat manusia dan kemanusiaan. Sebab adanya operasi selaput dara tersebut akan mendorong orang melakukan perzinaan tanpa merasa takut mengalami aib akibat hilang selaput daranya, karena selaput daranya bisa dikembalikan melalui operasi plastik.

Dampak Psikologis dari Operasi Plastik ini bahwa banyak orang yang menjalani operasi plastic cenderung terobsesi dengan penampilan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kecanduan dan dapat mendorong mereka untuk menjalankan operasi plastic lagi. Gangguan psikologis semacam ini disebut dengan “ body dysmorphic disorder”, dimana seseorang mengembangkan presepsi menyimpang dan aneh tentang tubuh mereka bahwa mereka tidak bisa puas dengan apapun.

Manfaat operasi plastik lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih bagus, proporsional bahkan seksi. Memang ada 2 tujuan operasi plastik berkaitan dengan tubuh yakni yang pertama ingin mempercantik. Kedua adalah karena memang ada kekurangan atau cacat fisik sehingga sebaiknya melakukan operasi plastik. Operasi plastik pada tubuh yang cacat akan sangat bermanfaat bagi orang tersebut. Dia memiliki peluang besar untuk hidup normal seperti banyak orang.Setiap orang yang berhasil operasi merasakan manfaat operasi plastik bagi mereka yakni meningkatkan rasa percaya diri.

Dengan rasa percaya diri, mereka lebih berani untuk tampil di depan, bersosialisasi dan membina banyak jaringan dengan orang lain. Inilah manfaat operasi plastik yang berimbas pada kemajuan mental seseorang. Resiko operasi plastik yang juga berlaku untuk semua jenis operasi contohnya seperti pembekuan darah, infeksi, perdarahan dan jaringan parut. Berikut ini merupakan resiko operasi plastik yang dapat terjadi pada seseorang yang melakukan operasi plastik :

- Nekrosis adalah kematian jaringan karena kekurangan pasokan oksigen ke daerah dioperasikan.

- Hematoma atau lebam dapat terjadi ketika ada pendarahan di bawah kulit dari sayatan yang tidak tertutup dengan benar atau pasien membuka kembali bagian dari insisi, sehingga dapat membentuk genangan darah, akhirnya menyebabkan hematoma.

Operasi plastik (plastic surgery) atau dalam bahasa Arab disebut jirahah at-tajmil adalah operasi bedah untuk memperbaiki penampilan satu anggota tubuh yang nampak, atau untuk memperbaiki fungsinya, ketika anggota tubuh itu berkurang, hilang/lepas, atau rusak. (Al-Mausu’ah at-Thibbiyah al-Haditsah, 3/454).

SEBELUMNYA ALLAH TELAH BERSABDA:
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (QS. Attin: 4).

Tetapi Ada yang mengatakan bahwa Operasi Plastik hukumnya mubah dan ada juga yang mengatakan bahwa Operasi Plastik hukumnya Haram. Operasi plastik untuk memperbaiki cacat yang demikian ini hukumnya adalah mubah, berdasarkan keumuman dalil yang menganjurkan untuk berobat (al-tadawiy). Nabi SAW bersabda,"Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, kecuali Allah menurunkan pula obatnya." (HR Bukhari, no.5246). Nabi SAW bersabda pula,"Wahai hamba-hamba Allah berobatlah kalian, karena sesungguhnya Allah tidak menurunkan satu penyakit, kecuali menurunkan pula obatnya." (HR Tirmidzi, no.1961).

Operasi plastik yang mubah adalah yang bertujuan untuk memperbaiki cacat sejak lahir (al-uyub al-khalqiyyah) seperti bibir sumbing, atau cacat yang datang kemudian (al-uyub al-thari`ah) akibat kecelakaan, kebakaran, atau semisalnya, seperti wajah yang rusak akibat kebakaran/kecelakaan.

Dalil keharaman operasi plastik : "dan akan akur(syaithan) suruh mereka (mengubah dilakukanl untukl mencari kecantikan. Adapun kalau itu( diperlukan untukjpengobatan atau karena cacat pada gigi, maka tidak apa-apa." (Imam Nawawi, Syarah Muslim,

Ayat ini datang sebagai kecaman (dzamm) atas perbuatan syaitan yang selalu mengajak manusia untuk melakukan berbagai perbuatan maksiat, di antaranya adalah mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah). Operasiplastik untuk mempercantik diri termasuk dalam pengertian mengubah ciptaan Allah, maka hukumnya haram.

Dalil keharamannya firman Allah SWT (artinya) : "dan akan aku (syaithan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya".
(QS An-Nisaa` : 119).

Dapat Disimpulkan bahwa Operasi Plastik ada 2 macam, yang haram dan mubah, Operasi plastik yang haram dilakukan apabila bertujuan untuk mempercantik diri, merbah ciptaan Allah SWT, Operasi plastik yang mubah dilakukan apabila mengalami cacat fisik dan ingin memperbaikinya, Operasi Plastik juga bisa memberikan dampak yang buruk bagi tubuh yaitu merusak jaringan tubuh yang telah diciptakan sesempurna mungkin oleh-Nya.

PENULIS
Bram
Desi
Evi
Aimee
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment