Monday, February 10, 2020

Ikan Sembilang Atau Eel Tailed Catfish; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Sembilang atau Eel tailed catfish adalah jenis ikan laut yang bentuk tubuhnya menyerupai ikan Lele. Hidupnya pada kedalaman 0-10 meter. Sering dijumpai di daerah pesisir pantai atau laut dangkal. Bentuk badannya panjang tanpa sisik, sirip punggung pertama berduri tajam dekat dengan kepala, sirip punggung kedua bersambung dengan sirip ekor dan sirip dubur. Ikan ini dapat mencapai panjang 134 cm. Tapi pada praktikum kami ikan sembilangnya mempunyai panjang total 64,5 cm. Ikan Sembilang merupakan ikan predator, yang memangsa ikan-ikan kecil, selain itu ikan ini juga memakan hewan-hewan yang hidup di dasar laut yaitu hewan-hewan kelompok gastropoda, moluska dan krustasea. Ikan dewasa dapat hidup sendiri-sendiri atau dalam kelompok kecil.

KLASIFIKASI IKAN SEMBILANG
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Class
: Actinopterygii
Ordo
: Siluformes
Family
: Plotosidae
Genus
: Plotosus
Spesies
: Euristhmus microceps

MORFOLOGI IKAN SEMBILANG
Ikan Sembilang atau Eel tailed catfish adalah jenis ikan laut yang bentuk tubuhnya menyerupai ikan Lele. Hidupnya pada  kedalaman 0-10 meter. Sering dijumpai di daerah  pesisir  pantai atau laut dangkal. Bentuk badannya panjang tanpa sisik, sirip punggung pertama berduri tajam dekat dengan kepala, sirip punggung kedua bersambung dengan sirip ekor dan sirip dubur.  Ikan ini dapat mencapai panjang 134 cm.

REPRODUKSI IKAN SEMBILANG
Sistem Reproduksidari ikan sembilang sendiri dapat dikatakan seperti pada ikan demersal lainya. Dia melakukan pemijahan ( Spawning ) di dasar dan kemudian meletakkan telur – telurnya di dasar yang berlumpur sehingga sulit untuk di deksi oleh pemangsanya atau predatornya. Setelah melewati masa embrio, Ikan sembilang yang masih dalam tahap juvenile akan berada pada dasar dan memakan ikan kecil. Setelah dewasa sembilang baru akan memangsa aktif kedaerah dangkal yang banyakakan hewan kecil .Dalam hal reproduksi sangat penting untuk mengetahui fekunditas (banyak telur), karena hal ini akan menyangkut pada Indeks Kematangan Gonad. Dimana hubungan fekunditas (banyaknya telur) dengan Indeks Kematangan Gonad adalah semakin tinggi Indeks Kematangan Gonad maka jumlah telur yang dihasilkan juga semakin banyak. Selanjutnya dengan mengetahui tingkat kematangan gonad kita bisa mengetahui aktifitas reproduksi dari si ikan. Selain itu dalam mempelajari sistem reproduksi kita juga perlu mengetahui perbedaan antara jenis kelamin jantan dan betinanya. Dilihat dari morfologi luarnya, ikan jantan ukuran tubuhnya lebih kecil daripada ikan betina, untuk warna tubuhnya ikan jantan mempunyai warna yang lebih gelap apabila dibandingkan dengan ikan betina.Untuk ikan betina lihat saja pada lubang anus yang ukurannya lebih besar, hal ini dikarenakan lubang ini akan digunakan untu kmengeluarkan telur.

CIRI-CIRI IKAN SEMBILANG
Ikan sembilang adalah anggota dari suku (familia) Plotosidae, suatu kelompok ikan berkumis (Siluriformes). Penciri khas yang membedakannya dari kelompok lainnya adalah menyatunya sirip punggung kedua (sirip lemak), sirip ekor, dan sirip anus sehingga bagian belakangnya tampak seperti sidat. Dalam bahasa Inggris ia disebut ikan kumis berekor sidat, "eel-tailed catfish"). Tapi kumis ikan sembilang gak setebal kumis pak raden ya. Ikan sembilang memiliki ciri khusus pada tubuhnya, yaitu pada bagian siripnya. Sirip punggung kedua, sirip anus, dan sirip ekor ikan sembilang menyatu sehingga menyerupai ekor sidat. Selain itu, sebagai saudara kembar lele, pastinya ikan sembilang juga memiliki patil. Jumlah patil yang ada pada tubuh ikan sembilang sebanyak 3 buah, yaitu di kepala bagian atas dan di samping kepala bagian belakang. Ketiga patil inilah yang mengandung racun yang cukup kuat efeknya.

HABITAT IKAN SEMBILANG
Sembilang termasuk jenis ikan laut. Biasanya hidup di laut dangkal, tak jarang juga banyak yang hidup di muara sungai. Keberadaan Sembilang itu terdapat dua jenis Sembilang, Sembilang batu dan Sembilang lubang. Sembilang batu hidupnya di celah batu dan Sembilang lubang hidupnya di lubang-lubang yang di buatnya sendiri.

MANFAAT IKAN SEMBILANG
Ikan sembilang tidak hanya beracun tapi juga memiliki banyak manfaat. Ikan sembilang memiliki kandungan protein fosfor dan asam lemak omega 3 yang tinggi,  karbohidrat dan lemak yang rendah, dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya yang pasti bermanfaat bagi tubuh.  Berikut ini beberapa manfaat dari ikan sembilang :

1.  Bagus Untuk Pertumbuhan Anak
Ikan sembilang yang kaya akan protein tentunya sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

2.  Mengurangi Kolesterol Tinggi
Ikan memang sudah cukup terkenal sebagai makanan yang mampu mengontrol dan menjag kolesterol. Begitu juga dengan ikan sembilang.

3.  Pembentukan Sel Otak
Berdasarkan Penelitian ISSFAL (International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids) di Stockholm, kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sembilang dapat membantu pembentukan jaringan otak. Karena sebagian besar jaringan otak berasal dari rangsangan omega 3.

4.  Menurunkan Tekanan Darah
Asam lemak tak jenuh jenis omega 3 pada ikan sembilang mengandung DHA dan EPA, yang mampu mengontrol lemak. Sehingga jika kadar lemak dalam tubuh kita berlebihan, maka akan diikat dan dibuang oleh omega 3.

5.  Membantu Proses Kehamilan
Untuk anda yang sudah lama menikah namun belum dianugrahi keturunan, tidak salah untuk mencoba mengonsumsi makanan ini. Pasalnya menurut orang tua kebanyakan, ikan sembilang mampu menstimulus hormone yang mempercepat kehamilan. Namun menurut kebenaran melalui pengalaman beberapa orang dulu yang mencoba, ternyata hasilnya positif. Meskipun secara ilmiah belum mampu dibuktikan. Tak salah anda mencoba.

6.  Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid
Ini juga berita yang bersumber dari orang Jawa Barat. Mereka mengatakan bahwa pernah mengalami kesakitan saat menstruasi. Namun setelah mengonsumsi ikan sembilang, rasa sakit mulai berkurang. Secara ilmiah memang belum dapat dibuktikan. Sebab keberadaan ikan sembilang sendiri merupakan karakteristik fauna Indonesia.

7.  Pelindung Jantung
Manfaat umum yang dimiliki oleh sebangsa ikan adalah kandungan zat asam lemak tak jenuh, yakni omega . Kinerja yang dihasilkan menurut penelitian terakhir adalah mencegah irama jantung. Hal ini dinamakan dengan Fibrilasi Atial (FA).  Penemuan ini sudah dibuktikan di dlaam Journal Circulation tahun 2004.

8.  Menurunkan Tekanan Darah
Kegunaan asam lemak tak jenuh jenis Omega 3 yang mengandung DHA dan EPA adalah mampu mengontrol lemak. Sehingga jika didalam tubuh anda memiliki kadar lemak berlebihan, akan diikat dan dibuang oleh onega 3. Sehingga kolestrol dalam tubuh menjadi normal dan terkontrol dengan baik.

9.  Mencegah Penggumpalan Darah
Fungsi lain yang anda dapatkan dari Omega 3 adalah mampu membantu untuk penggumpalan darah. Karena jaringan protein yang dihasilkan membantu pekerjaan fibrinogen. Yakni dalam proses pembentukan benang-benang fibrin untuk menutup luka.

10.    Mengurangi Artherosklerosis
Adanya bintil-bintil dalam pembuluh darah sangat berbahaya. Hal ini dapat menjadi pemicu jantung koroner (PJK).  Penyumbatan di pembuluh tersebut biasa disebut Arterosklerosis. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi Omega 3 yang ada di dalam ikan.

TINGKAH LAKU IKAN SEMBILANG
Tingkah laku ikan sangat dipengaruhi oleh cara ikan beradaptasi dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut diwujudkan dalam bentuk gerakan tubuh baik dari dalam maupun dari luar tubuh ikan. Salah satu organ yang berperan dalam membentuk tingkah laku ikan terhadap lingkungan adalah mata. Organ mata pada dasarnya mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu bekerja dengan pengaruh cahaya, yang membedakan adalah ada mata yang peka terhadap cahaya terang ada pula mata yang peka terhadap cahaya gelap. Kedua sifat ini berkaitan dengan waktu keaktifan ikan. Ikan yang peka terhadap cahaya terang cenderung aktif bergerak di siang hari dan disebut ikan diurnal, sedangkan ikan yang peka terhadap cahaya gelap disebut ikan nocturnal karena ikan ini aktif bergerak di malam hari. Sebagaimana ilmu-ilmu terapan yang lain, pengembangan ilmu dan teknologi perikanan sangat ditentukan oleh pengetahuan dasar yang memadai, antara lain fisiologi. Fisiologi salah satu cabang biologi yang berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan dapat lebih mudah dipahami, bila organisasi dan fungsi sel diketahui. Lebih mendalam fisiologi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari fungsi, mekanisme dan cara kerja organ jaringan dan sel-sel organisme.

PERAN IKAN SEMBILANG DI PERAIRAN
Ikan Sembilang merupakan ikan predator, yang memangsa ikan-ikan kecil, selain itu ikan ini juga memakan hewan-hewan yang hidup di dasar laut yaitu hewan-hewan kelompok gastropoda, moluska dan krustasea. Ikan dewasa dapat hidup sendiri-sendiri atau dalam kelompok kecil. Ikan Sembilang atau Eel tailed catfish adalah jenis ikan laut yang bentuk tubuhnya menyerupai ikan Lele. Hidupnya pada kedalaman 0-10 meter. Sering dijumpai di daerah pesisir pantai atau laut dangkal. Bentuk badannya panjang tanpa sisik, sirip punggung pertama berduri tajam dekat dengan kepala, sirip punggung kedua bersambung dengan sirip ekor dan sirip dubur. Ikan ini dapat mencapai panjang 134 cm. Mata semua mahluk hidup terbentuk dari acuan yang sama, namun bentuknya beranekaragam seperti halnya beraneka ragam habitat kehidupan di bumi kita ini. Ada mata yang gunanya untuk melihat di malam hari, ada pula mata yang gunanya untuk melihat siang dan malam hari, serta ada pula mata yang hanya mampu pada siang dan malam hari. Beberapa hewan menggunakan mata mereka sebagai alat untuk pertahanan diri dan juga untuk berburu mangsa.

PENULIS
Nurul Burhanul F
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Affandi, Ridwan. 1992. Ichtyologi, Suatu Pedoman Kerja Laboratorium. IPB, Bogor

Djuanda, T. 1981. Taksonomi, Morfologi, dan Istilah-istilah Teknik Perikanan. Akademis Perikanan, Bandung

http://ilmukelautanperikanan.blogspot.co.id/2015/04/ikan-sembilang-saudara-kembar-lele-yang-beracun-tapi-banyak-manfaatnya.html (diakses pada tanggal 13 Oktober pukul 10.35 WIB)

http://mengerjakantugas.blogspot.co.id/2009/08/adaptasi-tingkah-laku-adaptasi.html(diakses pada tanggal 13 Oktober 2015 pukul 10.37 WIB)

http://stresspraktikum.blogspot.co.id/2013/05/klasifikasi-morfologi-ikan-sembilang.html (diakses pada tanggal 13 Oktober 2015 pukul 10.49 WIB)10.49

http://www.putramelayu.web.id/2013/10/penting-buat-pemancing-dan-pelaut-10.html (diakses pada tanggal 13 Oktober 2015 pukul 10.40 WIB)

Lagler. 1997. FAO Species Identification Sheat For Fisheries Purpose.Kodansha, Japan

Rahardjo, M.F. 1985. Ichtyologi. Fakultas Perikanan Departemen Perairan Institut Pertanian Bogor, Bogor

Saanin, H. 1968. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan. Bina Tjipta, Jakarta

Salman,Akyar.1999.Biologi Umum Smu Kelas II.

No comments:

Post a Comment