Ikan Hiu Martil; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Hiu martil dari genus Sphyrna adalah anggota dari famili Sphyrnidae. Satu-satunya genus selain Sphyrnidae, Eusphyra, terdiri dari hanya satu spesies, Esphyra blochii, winghead shark.

KLASIFIKASI IKAN HIU MARTIL
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Chondrichthyes
Upakelas
: Elasmobranchii
Ordo
: Carcharhiniformes
Famili
: Sphyrnidae
Genus
: Sphyrna
Spesies
: Esphyra blochii

MORFOLOGI IKAN HIU MARTIL



Sembilan spesies hiu martil yang sudah diketahui memiliki panjang antara 2 hingga 6 meter (6,5 hingga 20 kaki), dan semua spesies memiliki proyeksi kepala menyerupai martil gepeng bila dilihat dari salah satu sisi. Mata dan lubang hidup ada di ujung kepala.

CIRI-CIRI IKAN HIU MARTIL
Bentuk kepalanya yang seperti martil menyebabkan mereka mampu berbelok dengan benar. Seperti semua hiu, hiu martil memiliki pori sensor electrolocation yang disembut ampullae of Lorenzini. Dengan menyebarkan reseptor di berbagai area, hiu martil dapat mencari mangsa dengan lebih efektif. Hiu ini mampu mendeteksi sinyal listrik setengah miliar Volt. Kepala yang berbentuk seperti martil juga memberikan keuntungan berupa area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi menemukan partikel di air sedikitnya 10 kali dibandingkan dengan hiu 'klasik' lainnya.Bentuk kepala aneh hiu ini dapat dianalogikan dengan antena seekor serangga.Hiu martil memiliki mulut yang kecil dan sepertinya melakukan banyak bottom-hunting. Mereka suka membentuk gerombolan di siang hari, kadang-kadang dalam kelompok lebih dari 100. Pada sore hari, seperti hiu lain, mereka menjadi pemburu solo.

REPRODUKSI IKAN HIU MARTIL
Reproduksi hiu martil terjadi setahun sekali. Hiu martil sekali melahirkan berkisar antara 20 hingga 40 anak. Perkawinan hiu martil merupakan hubungan yang kasar. Jantan akan menggigit betina sampai betina tenang, membiarkan perkawinan terjadi. Tidak seperti kebanyakan spesies hiu lain, reproduksi hiu martil terjadi secara fertilisasi internal di mana membuat lingkungan aman agar sperma bisa melebur dengan sel telur. Embrio berkembang di dalam plasenta betina dan diberi makan melalui tali pusar, sama seperti mammalia. Masa kehamilan 10 sampai 12 bulan. Setelah anak hiu dilahirkan, induk mereka tidak tinggal bersama dan mereka ditinggalkan untuk mengurus diri mereka sendiri. Rekor dunia hiu martil betina yang sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada 23 Mei, 2006 berbobot 1280 pon (580 kg). Hiu ini mengandung 55 anak.

Pada Mei 2007, para ilmuwan menemukan bahwa hiu martil dapat bereproduksi secara aseksual melalui partenogenesis, di mana mereka memiliki kemampuan untuk menyuburkan telur mereka sendiri.

HABITAT IKAN HIU MARTIL


Hiu kepala martil ditemukan di laut beriklim tropes dan hangat di seluruh dunia.Mereka mendiami habitat laut dalam terbuka serta perairan yang dangkal dan kontinental. Mereka ditemukan di perairan hangat sepanjang garis pantai, dan paparan benua.

MANFAAT IKAN HIU MARTIL
Ikan hiu kepala martil kulitnya untuk tas, dompet atau sepatu. Sirip hiu untuk sop (makanan wajib kalangan istana sejak dinasti Ching di Cina). Kini tulang rawan hiu (berupa serbuk, kapsul) dijadikan “obat” kanker dalam bentuk food supplement. Tulang rawan hiu bukan pengganti terapi kedokteran, tidak bertentangan dengan pengobatan biasa seperti kemoterapi tapi sebagai pelengkap terapi, bisa dipakai sejalan dengan pengobatan kedokteran. Tulang rawan hiu tidak beracun dan tidak memiliki efek samping sehingga aman dikonsumsi.

TINGKAH LAKU IKAN HIU MARTIL
Ikan hiu adalah perenang ulung; mereka bisa berenang secepat 40m/j. paling cepat adalah hiu maco. untuk kecepatan jarak dekat, kecepatannya bisa mencapai 60m/j. Hiu ini juga pelompat yang baik. ia bisa melompat sampai 6,5 yard di atas permukaan air. Salah satu makhluk tertua di dunia 100 juta tahun sebelum zaman dinosaurus, hiu sudah berenang melintasi lautan. Hiu yang paling tua hidup sekitar 400 juta tahun lalu. sejak 60 juta tahun lalu, ada beberapa keluar ga hiu yang tidak mengalami perbahan terlalu banyak bila kau bandingkan dengan hiu yang hidup di zaman sekarang.

PERAN IKAN HIU MARTIL DI PERAIRAN
Peranan ikan hiu kepala martil adalah sebagai predator agresif yang biasanya memakan ikan, ikan pari, cumi-cumi, dan udang-udangan.

PENULIS
Aulia Khumairoh
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
"Electroreception in juvenile scalloped hammerhead and sandbar sharks" by Stephen M. Kajiura and Kim N. Holland, The Journal of Experimental Biology(2002). Attempts to explain the "hammer" shape.
Google.com.2015.HiuBerkepalaMartil.http://yayanajuz.blogspot.co.id/2012/04/hiu-berkepala-martil.html Diakses pada tanggal 19 Oktober 2015
Google.com.Hiu Kepala Martil(Cucut Ronggenng).http://grosir-murah-reseller.blogspot.co.id/2014/03/hiu-kepala-martil-cucut-ronggeng.html Diakses pada tanggal 19 Oktober 2015
Google.com.SemuaTentangIkanHiu.http://1000utopias.forumid.net/t36-semua-tentang-ikan-hiu Diakses pada tanggal 19 Oktober 2015
Sukiya. 2003. Biologi Vertebrata.Universitas Negeri Yogyakarta : JICA

Post a Comment for "Ikan Hiu Martil; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll"