Friday, February 28, 2020

Ikan Ayam-Ayam; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan ayam-ayam (Abalistes stellaris), dikenal pula sebagai ikan etong, jebong, atau kambing-kambing adalah ikan laut komsumsi populer yang biasa diolah sebagai ikan bakar. Ikan ini biasa ditemukan di perairan hangat kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah sampai Samudera Pasifik bagian barat.

KLASIFIKASI IKAN AYAM-AYAM
Klasifikasi dari Ikan Ayam-Ayam (Abalistes stellaris) adalah sebagai berikut:
Kingdom
: Animalia
Phyllum
: Chordata
Class
: Actinopterygii
Ordo
: Tetraodontiformes
Family
: Balistidae
Genus
: Abalistes
Spesies
Abalistes stellaris

MORFOLOGI IKAN AYAM-AYAM
Pada umumnya ikan ini memiliki panjang 40 cm dan dapat mencapai panjang maksimum 60 cm. Duri punggung (total keseluruhan) : 3, duri punggung lunak (total keseluruhan) 25-27, siripanal lunak 24-26. sirip dada (pectoral fin) diperbesar dari ukuran dasar dan tepat di belakang celah insang (gill slits) untuk membentuk timpanum fleksibel. Memiliki sisik yang cenderung berukuran besar pada bagian atas sirip pectoral dan pada bagian posterior ditemukan keel.

Ukuran rata-rata adalah 40 cm, tetapi dapat mencapai 60 cm (jantan). Sirip punggung memiliki 25-27 jari-jari sedangkan di sirip anal terdapat 24-26 jari-jari. Sisiknya cenderung besar di dekat sirip perut. Ikan ini memiliki patil di bagian belakang tubuhnya.

Duri-duri total : 3;duri punggung lunak (total): 25-27; duri dubur 0; sirip dubur lunak 24-26. Timbangan diperbesar di atas dasar sirip dada dan tepat dibelakang  celah insang untuk membentuk tympanum fleksibel, sisik tubuh posterior dengan keels menonjol, memebentuk pegunungan longitudinal. Sebuah alur menonjol di kulit memperpanjang anterior dari depan mat auantuk jarak sekitar1 diameter mata. Batang ekor tertekan. Sinar sirip ekor dewasa berkepanjangan atas dan di bawah.

REPRODUKSI IKAN AYAM-AYAM
Proses kawinnya ikan didahului dengan pematangan sel-sel telur pada betina dan sel-sel sperma dalam testis pada ikan jantan. Selanjutnya proses kawin (spawning) pada ikan ini berlangsung secara alamiah/insting.

CIRI-CIRI IKAN AYAM-AYAM
Warna abu-abu coklat, kuning langsat; bintik-bintik kecil biru atau kuning pucat. Ikan ini merupakan ikan laut yang bersisik tebal dengan bentuk badan agak bulat pipih. 

HABITAT IKAN AYAM-AYAM
Habitat ikan ini adalah di sekitar terumbu karang, dasar pasir atau di sekitar sponge/alga. Pemanfaatan pasca panen ikan ini adalah dijual secara segar di pasar atau berupa ikan yang telah kering atau diasinkan. Penyebaran ikan ini adalah di perairan Indo-Pasifik barat yaitu di laut merah serta di bagian timur Afrika sampai Asia Tenggara. Selain itu ikan ayam-ayam berada di utara Jepang, utara sampain selatan negara Australia dan pada wilayah timur Atlantik khususnya dari Saint Helena sampai pantai Afrika Selatan.

Hidup di daerah pesisir, biasanya ditemukan lebih berlumpur dan pasir dasar, juga di sekitar terumbu karang, bersama dengan spons dan ganggang. Memakan hewan bentos (Oviparous). Juga tertangkap  dengan garis panjang vertikal.

MANFAAT IKAN AYAM-AYAM
Ikan ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya yang fungsinya adalah agar lemak dalam tubuhnya tetap dalam keadaan cair jika berada di air lau. Adanya kemampuan tersebut membuat kandungan omega 3 yang lebih tinggi. Kandungan utam ikan laut adalah zat makro molekul tubuh misalnya seperti protein tinggi, lemak, vitamin dan mineral.

Pada tenggorokan ikan ini, ada bagian yang kenyal.Sebagian orang, bagian itu dibuang.Namun ternyata, bagian itulah yang oleh sebagian orang memiliki manfaat untuk meningkatkan kejantanan laki-laki.

TINGKAH LAKU IKAN AYAM-AYAM
Sifat hidup demersal (hidup di laut dasar) dan amphidromous (bermigrasi dari perairan asin dan perairan tawar). Hidup menyukai terumbu karang dekat hewan spons atau alga laut, serta dasar berpasir.

PERAN IKAN AYAM-AYAM DI PERAIRAN
Sifat hidup ikan ayam-ayam demersal (hidup di laut dasar) dan amphidromous (bermigrasi dari perairan asin dan perairan tawar). Hidup menyukai terumbu karang dekat hewan spons atau alga laut, serta dasar berpasir.

Jenis Ikan ini juga termasuk Benthic yaitu Jenis Ikan yang hidup di Zona Benthic atau umumnya disebut jg Ikan Demersal. Zona benthic merupakan suatu Zona didasar laut atau dgn kata lain Zona di Lantai Samudera dan Ikan di Zona ini tidak termasuk kedalam Jenis Pelagis.

PENULIS
Janet Bela N.M
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
http://dianmaleva.blogspot.co.id/2012/05/ikan-ayam-ayam-abalistes-stellaris.html. diakses pada tanggal 16 Oktober 2015 Pukul 23.19WIB
Ipa. 2013. Pengertien Reproduksi. http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/09/pengertian-reproduksi.html. Diakses pada 18 Oktober 2015
Nofrisblog.blogspot.co.id/2011/10/babi-pendahuluan.html?m=1. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2015 Pukul 20.32 WIB.wikipwdia.2015.Ikan ayam-ayam.
https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam-ayam. diakses pada tanggal 16 Oktober 2015 Pukul 19.20WIB.

No comments:

Post a Comment