Saturday, February 29, 2020

Ikan Hilsa; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Hilsa adalah ikan yang paling populer bagi orang Bengali. Ikan ini merupakan nasional Bangladesh dan sangat populer di Bengali barat, Tripura, Assam, dan India. Di Gujarat, ikan Hilsa disebut Modenn (untuk ikan jantan) atau Palva (untuk ikan betina). Setiap tahun, sejumlah besar ikan ini ditangkap di delta Padma-Meghna-Jamuna di Teluk Benggala. Hilsa adalah ikan laut namun meletakkan telur-telurnya di sungai. Setelah dilahirkan, ikan Hilsa muda (disebut Jatka) akan berenang kembali ke laut. Ketika itulah, mereka ditangkap. Hilsa yang ditemukan di Bengali Barat rasanya lebih enak dan dieskpor ke beberapa negara. Ikan Hilsa memiliki banyak tulang kecil.

Sebagai ikan yang bermigrasi (fenomena ini tidak biasa di perairan tropis), hilsa menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut, namun bermigarsi sejauh 1,200 km melalui sungai-sungai di Asia Selatan untuk bertelur. Di India, sungai Rupnarayan, Gangga dan Godawari terkenal sebagai tempat bertelur Hilsa. Hilsa juga ditemukan di sungai-sungai di Pakistan selatan, tepatnya di provinsi Sindh.

Hilsa juga dapat ditangkap di laut, namun rasanya tidak seenak yang ditangkap di sungai.

KLASIFIKASI IKAN HILSA
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Clupeiformes
Famili
: Clupeidae
Upafamili
: Alosinae
Genus
Tenualosa
Spesies
T. ilisha
Nama binominal
Tenualosa ilisha

MORFOLOGI IKAN HILSA
Duri punggung (Keseluruhan (total)): 0; duri punggung lunak (Keseluruhan (total)): 18-21; Duri dubur 0; Sirip dubur lunak: 18 - 23. Belly with 30 to 33 scutes. Tulang saring insang halus dan banyak, sekitar 100 sampai 250 pada bagian bawah lengkung. Terdapat sebuah bercak gelap di belakang bukaan insang, diikuti oleh serangkaian bitnik-bintik kecil di sepanjang sisi. Warna ikan ini adalah perak dengan emas dan ungu.

REPRODUKSI IKAN HILSA
Ikan Hilsa ini rela migrasi sejauh sekitar 50 km atau bahkan 1000 km melalui sungai-sungai di Asia Selatan hanya untuk bertelur. Dalam beberapa sungai migrasi dibatasi oleh  waduk, ada beberapa bukti yang menerangkan bahwa ikan hilsa ini bermigrasi ke sungai-sungai hanya untuk bertelur. Musim kawin utama untuk ikan hilsa adalah selama musim hujan, dengan musim pendek yaitu daru bulan Januari sampai Februari atau Maret.

CIRI-CIRI IKAN HILSA
Ikan hilsa memiliki ciri-ciri antara lain: hidup di air laut namun ikan hilsa ini akan bermigrasi ke sungai-sungai di Asia Selatan untuk bertelur. Dari segi fisik, ikan ini memiliki ciri-ciri terdapat sebuah bercak gelap di belakang bukaan insang, diikuti oleh serangkaian bitnik-bintik kecil di sepanjang sisi. Warna ikan ini adalah perak dengan emas dan ungu.

HABITAT IKAN HILSA
laut; air tawar; payau; anadromus (ruaya dari laut ke air tawar); kisaran kedalaman ? - 200 m.   Tropical; 34°N - 5°N, 42°E - 97°E. Ikan hilsa ini banyak ditemukan di daerah Samudera Hindia, Teluk Persia ke arah timur ke Myamar, termasuk pantai barat dan timur India. Dilaporkan di Sungai Tigris dan Sungai Bansin dan sungai lain di salatan Iran.

MANFAAT IKAN HILSA
Ikan hilsa ini sering dimanfaatkan oleh orang di Bengali untuk dikonsumsi, karena ikan ini mudah di dapat dan jumlah nya yang banyak juga menjadi salah satu alasan orang di Bengali mengonsumsi ikan ini.

TINGKAH LAKU IKAN HILSA 
Ikan ini memiliki tingkah laku unik yang mungkin tidak dilakukan oleh ikan-ikan yang lainnya. Keunikan dari ikan ini adalah pada saat ikan ini akan bertelur, mereka akan bermigrasi ke sungai-sungai di Asia Selatan hanya untuk bertelur. Mungkin kalau hanya bermigrasi juga dimiliki oleh ikan-ikan yang lainnya, tetapi ikan hilsa ini rela bermigrasi sejauh 50 km atau bahkan sampai 1000 km. Tingkah laku tersebut merupakan ciri-ciri dari ikan hilsa. Sehingga orang-orang akan mudah menangkap ikan ini karena orang-orang akan menagkap ikan ini pada saat ikan ini bermigrasi untuk bertelur. Hal ini yang menyebabkan ikan hilsa populer bagi masyarakat Bengali, karena masyarakat Bengali tidak perlu susah-susah melaut untuk mendapatkan ikan ini.

PERAN IKAN HILSA DI PERAIRAN
Ikan hilsa ini menjadi sumber makanan ikan atau predator yang lebih besar darinya.

PENULIS
Roberth Fuady
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hilsa
www.fishbase.org/summary/Clupea-harengus.html
www.fishbase.org/Summary/SpeciesSummary.php?id=1596&lang=bahasa

No comments:

Post a Comment