Saturday, February 29, 2020

Ikan Haring Atlantik; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Haring Atlantik (Clupea harengus) adalah salah satu dari spesies ikan yang paling berlimpah di Bumi. Mereka dapat ditemui di Samudera Atlantik dan bergerak bersama dalam satu grup. Haring Atlantik dapat tumbuh sepanjang 45 sentimeter dan massa lebih dari setengah kilogram. Mereka makan copepoda, krill dan ikan kecil, dan predator alami mereka adalah anjing laut, paus, kod dan ikan besar lainnya.

KLASIFIKASI IKAN HARING ATLANTIK
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Clupeifrmes
Famili
: Clupeidae
Genus
: Clupea
Spesies
: C. harengus
Nama binominal
Clupea harengus

MORFOLOGI IKAN HARING ATLANTIK
Duri punggung (total): 0; Punggung punggung lunak (total): 13-21; Duri dubur 0; Sirip dubur lunak: 12-23; Vertebra: 51 - 60. Slender ikan dengan perut bulat. Sisik tanpa keel menonjol; 12 sampai 16 sisik pasca-panggul. Tidak ada notch median di rahang atas; operkulum tanpa memancar striae tulang; batas posterior bukaan insang yang merata bulat. Hal ini biru untuk biru kehijauan bagian punggung, bagian perut keperakan menjadi. Tidak ada bintik-bintik gelap khas pada tubuh atau sirip.

REPRODUKSI IKAN HARING ATLANTIK
Haring atlantik dewasa pada umur 2-9 tahun. Populasi ikan ini diketahui menggunakan pemijahan tradisional, kebanyakan di sepanjang daerah pantai dangkal (dengan kedalaman 15-40 m). Pemijahan biasanya terjadi pada kerikil atau batu dasar, dengan pengecualian dari populasi Baltik yang menunjukkan prefensi untuk dangkal (kurang dari 10 m). Setiap populasi hanya memijah hanya sekali dalam setahun selama periode waktu yang relative singkat. Setidaknya satu populasi melakukan pemijahan selama satu bulan dalam satu tahun, masing-masing memiliki waktu pemijahan yang berbeda dan tempat pemijahan yang berbeda pula. Haring atlantik adalah spawner demersal yang melepaskan pita telur lengket yang tenggelam ke dasar laut. Telur dirilis oleh populasi pemijahan mungkin beberapa lapisan tebal yang dapat menghilangkan telur di lapisan bawah oksigen yang menyebabkan kematian pada telur. Meskipun fekunditas yagn dilaporkan sebelumnya lebih tinggi, fekunditas sekarang berkisar dari 10.000-60.000 telur. Penetasan bias memakan waktu hingga 3 minggu, tergantung pada suhu.

CIRI-CIRI IKAN HARING ATLANTIK
Ikan ini memiliki ciri-ciri berwarna biru kehijauan bagian punggung, bagian perut keperakan menjadi. Tidak ada bintik-bintik gelap khas pada tubuh atau sirip.

HABITAT IKAN HARING ATLANTIK
Ikan haring atlantik memiliki habitat terutama di laut; payau bentopelagis;oceanodromus; kisaran kedalaman 0 - 364 m, usually 0 - 200 m. Temperate; 1°C - 18°C; 80°N - 33°N, 79°W - 70°EAtlantik Utara: di barat, dari barat daya Greenland dan Labrador ke selatan sampai Selatan Carolina, Amerika Serikat. Di timur, dari Iceland dan selatan Greenland menuju ke utara Teluk Biscay dan ke timur menuju Spitsbergen dan Novaya Zemlya di Russia, including the Baltic Sea.

MANFAAT IKAN HARING ATLANTIK
Ikan hering atau yg biasa disebut haring atlantik ini memiliki manfaat di antara nya adalah dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai sarden. Ikan ini dijadikan sarden karena jumlahnya yang melimpah di Samudera Atlantik, sehingga cukup untuk di olah menjadi sarden.
  
TINGKAH LAKU IKAN HARING ATLANTIK
Ikan haring atlantik ini memiliki tingkah laku yakni, mereka akan bergerak bersama-sama dalam satu grup di Samudera Atlantik. Tingkah laku ini yang memudahkan para nelayan menangkap ikan ini, karena mereka bergerak bersama-sama.

PERAN HARING ATLANTIK DI PERAIRAN
Ikan haring atlantik ini mempunyai peran sebagai predator maupun mangsa. Mereka makan copepoda, krill dan ikan kecil, dan predator alami mereka adalah anjing laut, paus, kod dan ikan besar lainnya.

PENULIS
Robeth Fuady
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Haring_atlantik
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hilsa
www.fishbase.org/summary/Clupea-harengus.html
www.fishbase.org/Summary/SpeciesSummary.php?id=1596&lang=bahas
a

No comments:

Post a Comment