Friday, February 21, 2020

Ikan Lamprey; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Lamprey ( Petromyzon marinus) termasuk kelompok ikan yang Agnatha, yang tidak memiliki rahang. Meski tergolong dalam subphylum Vertebrata , spesies ini tidak memiliki tulang belakang , dan seluruh kerangka mereka tulang rawan . Umumnya diketahuibentuk tubuh yang  halus, tubuh scaleless dan tubuh silinder panjang , mereka sering salah diidentifikasi sebagai belut . Lamprey laut juga tidak memiliki kantung renang dan sistem gurat sisi . Anggota spesies ini memiliki  mata yang terlihat berada di setiap sisi kepala mereka di belakang lubang hidung tunggal dan di atas satu set tujuh bukaan insang . Mulut mereka berbentuk oval yang melekat pada host, tetapi setelah dibuka menjadi lebih besar dari kepala dan faringnya . Di dalam mulut berbentuk oval banyak berbaris gigi besar yang menunjuk ke dalam. Lamprey laut memiliki dua sirip punggung tetapi siripnya tidak berpasangan . Ketika pemijahan terjadi , Petromyzon marinus jantan mengembangkan ridge yang berbeda sepanjang dorsal dan Petromyzon marinus betina mengembangkan lipatan yang ada di anal.

KLASIFIKASI IKAN LAMPREY
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Subfilum
: Vertebrata
Kelas
: Cephalaspidomorphi
Ordo
: Petromyzontiformes
Famili
: Petromyzontidae
Genus
: Petromyzon
Spesies
Petromyzon marinus


MORFOLOGI IKAN LAMPREY
Tubuh dan bentuk ekornya pipih, seluruh tubuhnya dilapisi kelenjar mucosa, bagian dorsal sebelah posterior dan ekor terdapat sirip.Tubuh dapat dibedakan atas Caput (kepala),truncus (batang tubuh) dan Caudal (ekor). Caudal berbentuk Silinder dengan bagian ekor yang pipih, tubuhnya tidak ditutupi oleh sisik. Sirip terdapaat di dorsal tengah tubuh ada 2 bagian dan sirip ekor adalah Asimetris diujung kepala arah ventral terdapat bentuk mangkok yang disebut ( buccal ) funnel yang tepinya dilengkapi dengan papil-papil lunak dan didalamnya terdapat gigi-gigi zat tanduk. Papil-papil lunak tadi sebagai alat perasa, dengan adanya gigi memungkinkan Lamprey melekat dan memarut badan ikan lain. Air ludahnya mengandung bahan kimia yang mampu mencegah pembekuan darah.

HABITAT IKAN LAMPREY
Lamprey laut adalah anadromous , dan migrasi dipicu oleh perubahan suhu air . Secara umum , mereka lebih memilih daerah pantai yang dangkal , meskipun mereka ditemukan pada kedalaman antara 0,91 dan 4,57 m . Lamprey muda menetas di kerikil atau batu kecil di daerah aliran air tawar dan sungai. Setelah tahap larva , mereka bermigrasi ke air asin dan  habitatnya di laut. Mereka kembali ke air tawar untuk bertelur . Lamprey laut berkembang dalam sistem di mana berikut ini : 1 ) saluran air kurang penghalang ( seperti bendungan atau air terjun ) dengan pasir dan kerikil, daerah bersih untuk pemijahan ; 2 ) pasir beds bebas polusi dengan pasokan bahan organik untuk mereka pertumbuhan anaknya; dan 3 ) saluran air besar dengan pasokan ikan untuk sebagai host untuk anak-anak mereka yang akan berkembang biak.

REPRODUKSI IKAN LAMPREY
Lamprey memiliki siklus hidup anadromus yang berarti mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut, namun pergi ke perairan tawar untuk memijah. Saat musim kawin tiba - yang berlangsung pada bulan Maret hingga Juni pada spesies Petromyzon marinus - lamprey dewasa akan bermigrasi dalam jumlah besar ke sungai-sungai. Tidak lama sesudah melakukan perkawinan, lamprey betina akan melepaskan telur-telur yang jumlahnya mencapai 300.000 butir ke dalam cekungan di dasar sungai yang sudah dibuat oleh pejantan, lalu keduanya mati.  Sedikit yang diketahui tentang sistem kawin lamprey laut. Diperkirakan bahwa lamprey laut jantan memancarkan feromon yang terdiri dari asam empedu yang membuat betina yang akan berovulasi datang . Sinyal ini juga dapat berhubungan dengan preferensi kawin dan dapat dikirim melalui jarak yang jauh . Lamprey laut jantan selektif menggali lubang ke sungai atau aliran dasar dan membuahi telur setelah betina telah meletakkan mereka.

Fertilisasi eksternal ini memungkinkan beberapa jantan untuk membuahi telur. Telur yang dibuahi berkembang menjadi Lava Ammocoete (Pride) yang sangat berbeda dengan Hewan Dewasa.pada Fase belum dewasa tidak dapat dibedakan Jantan dan Betina (Hernafrodit) hewan betina mempunyai Ovary menghasilkan beribu-ribu telur dan hewan jantan mempunyai testis menghasilkan sperma.saluran kelamin tidak ada pada kedua jenis kelamin tersebut .Gamet tumpah ke dalm Coelom melalui sepasang lubang (Porus genitalis) masuk ke dalam Sinus Urogenitalis kemudian keluar (tumpah)ke dalam air dan disana terjadi pembuahan.

Telur dari lamprey selanjutnya menetas menjadi larva yang hidup bersembunyi pada timbunan material di dasar sungai selama 3 - 5 tahun berikutnya. Selama periode tersebut, mata & mulut penghisap dari larva lamprey secara berangsur-angsur berkembang. Sesudah kedua organ tersebut berkembang sempurna, ikan lamprey muda akan pergi ke laut atau danau dan mulai mengkonsumsi darah ikan lain sebagai makanannya. Seekor lamprey dari spesies Petromyzon marinus diketahui mencapai kematangan seksual pada usia 3 tahun dan bisa mencapai ukuran maksimal 1 m.

CIRI-CIRI IKAN LAMPREY
1.   Badannya memanjang berbebtuk silinder ,sedangkan ekornya pipih .kulitnya licin tanpa sisik , diliengkapi kelenjar lendir (Mucus) Sirip tengah dorsal disokong oleh tulang -tulang sirip bertulang rawan ,memiliki sepasang mata .
2.   Tidak mempunyai rahang
3.   Mulutnya ventro anterior dan merupakan mulut pengisap, dipinggirnya terdapat Tentakel
4.   Kantong hidung terdapat disebelah tengah atas dan jumlahnya hanya satu
5.   Tengkorak kepala dan lengkung insang (Viceral)terdiri dari tulang rawan dan Notocord masih didapati /dilengkapi Archus neuralis yang tidak sempurna
6.   Jantung terdiri dari 2 ruang (Serambi & Bilik) .darah merah berbentuk bulat-bulat dan berinti juga memiliki butir-butir darah putih
7.   Insang terdiri dari 6-14 pasang terdapat di sisi Pharynx berbentuk kantong
8.   Ginjalnya sepasang bermuara di Papilurogenitalis
9.   Suhu tubuh tidak tetap (Poililoterm)
10.               Alat kelamin (Gonad) sebuah tidak memiliki saluran kepapila urogenitalis .Pembuahan terjadi di Luar tubuh .telur yang sudah dibuahi menetas menjadi Larva (Ammocoete = Pride) dan ada yang langsung menjadi hewan (anak) dewasa.
11.               Otaknya berkembang baik ,dengan 8 atau 10 pasang saraf Cranial,mempunyai alt pendengaran denagn 1atau 2 bentuk saluran setengah lingkaran
12.               Mempunyai Indra pembau.

MANFAAT IKAN LAMPREY
Lamprey sejak lama di konsumsi oleh para penduduk asia dan eropa timur sebagai makanan. Di era Romawi Kuno dan abad pertengahan, Lamprey dianggap sebagai makanan kaum elit, karena sering diikonsumsi oleh kaum bangsawan pada masa itu. Selain untuk dimakan manfaat lain lamprey untuk manusia adalah sebagai subjek penelitian otak karena karakteristik fisik lamprey  yang terkesan primitif bila dibandingkan dengan hewan-hewan vertebrata lainnya, sehingga sistem otak dan syaraf dari lamprey pun relatif sederhana.

TINGKAH LAKU IKAN LAMPREY
Lamprey adalah ikan yang parasit. Di peternakan-peternakan salmon, lamprey dianggap sebagai hama karena kerap menyerang dan menghisap darah dari ikan-ikan yang dipelihara. Di Amerika Utara, lamprey juga dianggap sebagai spesies invasif  karena kerap menyerang ikan-ikan komersial setempat tanpa bisa dikontrol karena tidak adanya predator alami dari lamprey di sana.

Sesudah melakukan perkawinan, lamprey betina akan melepaskan telur-telur yang jumlahnya mencapai 300.000 butir ke dalam cekungan di dasar sungai yang sudah dibuat oleh pejantan, lalu lamprey jantan dan lamprey betina akan mati.

PERAN IKAN LAMPREY DI PERAIRAN

Ikan lamprey diklaim untuk pertama kalinya ditemukan sejak 1800 tahun silam. Makhluk aneh bernama Lamprey itu mirip seperti ular dan telah ada sekitar 200 juta tahun lalu sebelum dinosaurus dan vertebrata tertua lainnya. Ikan Lamprey  penting untuk memproses nutrisi di sungai dan mampu menyediakan sumber makanan bagi ikan lainnya dan burung, seperti bangau.

PENULIS
Ahmad Subuku Lubis
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Fishbase.2015.http://www.fishbase.org/physiology/MorphDataSummary.php?genusname=Petromyzon&speciesname=marinus&autoctr=1800. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2015, pukul 20:24 WIB.
Re-tawon.2012. Lamprey, vampirnya ikan. http://www.re-tawon.com/2012/10/lamprey-vampirnya-para-ikan.html. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2015, pukul 20:25 WIB
Uli.2011.http://ulysitompul.blogspot.co.id/2011/06/agnatha.html. Diakses pada tanggal 18 oktober 2015, pukul 21:05 WIB

No comments:

Post a Comment