Saturday, February 22, 2020

Ikan Hagfish; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Hagfish (hewan bermulut lingkar) merupakan hewan berdarah dingin dengan mulut berbentuk lingkaran, gigi dari zat tanduk, mempunyai lidah dan kulit tidak bersisik. Pencernaan makanan berupa pipa lurus, mempunyai anus, tanpa kloaka. Hagfish adalah jenis ikan pemakan bangkai ikan yang diyakini memiliki hubungan dengan vertebrata tertua yang ada.Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memiliki cara jahat makan. Jika ada bangkai yang teronggok di dasar laut, maka, itu akan mencari lubang di bangkai. Dari lubang yang kemudian hagfish makan ikan.Ketika makanan sudah, ikan Hagfish tidak hanya makan makanan dari mulutnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ikan, peneliti, Hagfish juga makan melalui kulit dan insang. Tak heran bila ikan ini buta mencoba untuk tergelincir ke dalam lubang bangkai makhluk mati. Alasannya, karena ia bisa masuk ke dalam, akan menyerap nutrisi yang sangat terkonsentrasi. Sejauh ini, hanya hewan invertebrata (yang memiliki tulang belakang tidak) yang menyerap makanan dari kulit, seperti cacing atau moluska. Namun, tidak ada hewan vertebrata (bertulang belakang) yang dapat melakukannya. 

KLASIFIKASI IKAN HAGFISH
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Subfilum
: Vertebrata
Kelas
: Myxini
Ordo
: Myxiniformes
Famili
: Myxinoidea
Genus
: Myxine
Spesies
: Myxine glutinosa

MORFOLOGI IKAN HAGFISH
Ikan Hagfish memiliki mulut terminal dengan 4 pasang tentakel di pinggir,memiliki nostril di ujung kepala dan berhubungan dengan pharynx. Mata terletak dibawah lapisan kulit. Hagfish mempunyai branchial basket 10-14 pasang.Ikan ini tidak memiliki sirip dorsal.Hanya sekitar 20 spesies yang dikenal.Ikan hagfish yang modern semuanya hidup di laut, hidup di dasar perairan dan biasanya menggali lubang. Mirip belut atau cacing, tidak mempunyai sirip yang berpasangan, hanya mempunyai semacam sirip ekor.Tidak punya sisik.Maksimum panjangnya sekitar 2,6 feet.Mempunyai gigi tanduk di lidahnya yang berguna untuk mencengkram mangsanya.Hagfish memakan ikan mati atau bangkai.Hagfish bisa masuk ke mangsanya dan makan mangsanya dari dalam.Kelenjar pada hagfish menghasilkan banyak lendir untuk memepertahankan diri dari serangan musuh.Terdapat tentakel di sekeliling mulut.

HABITAT IKAN HAGFISH
Hagfish adalah anadromous , dan migrasi dipicu oleh perubahan suhu air . Secara umum , mereka lebih memilih daerah pantai yang dangkal , meskipun mereka ditemukan pada kedalaman dibawah 280 m . Setelah tahap larva , mereka bermigrasi ke air asin dan  habitatnya di laut. Mereka kembali ke air tawar untuk bertelur . Hagfish berkembang dalam sistem di mana berikut ini : 1 ) saluran air kurang penghalang ( seperti bendungan atau air terjun ) dengan pasir dan kerikil, daerah bersih untuk pemijahan ; 2 ) pasir beds bebas polusi dengan pasokan bahan organik untuk mereka pertumbuhan anaknya; dan 3 ) saluran air besar dengan pasokan ikan untuk sebagai host untuk anak-anak mereka yang akan berkembang biak.

REPRODUKSI IKAN HAGFISH
Telur yang dibuahi berkembang menjadi larva ammocoete ( pride ) yang sangat berbeda dengan hewan dewasa. Pada fase belum dewasa tidak dapat dibedakan jantan dan betina (hermafrodit).Hewan betina mempunyai ovariy menghasilkan beribu-ribu telur dan jantan mempunyai testis menghasilkan sperma.Saluran kelamin tidak ada pada kedua kelamin tersebut. Gamet tumpah ke dalam coelom melalui sepasang lubang (porus genitalis) masuk ke dalam sinus urogenitalis kemudian keluar (tumpah) ke dalam air dan disana terjadi pembuahan.

CIRI-CIRI IKAN HAGFISH
1.   Mulut terminal dengan 4 pasang tentakel di pinggir
2.   Nostril di ujung kepala & berhubungan dengan pharynx
3.   Mata dibawah lapisan kulit
4.   Branchial basket 10-14 pasang
5.   Tanpa Dorsal
6.   Famili : Mixynidae
7.   Tidak memiliki sisik
8.   Bentuk mirip seperti belut

MANFAAT IKAN HAGFISH
Hagfish membersihkan kotoran didasar laut, karena dia memakan bangkai ikan yang sudah mati.Selain itu, ikan ini juga dijadikan subjek penelitian, karena ikan ini dianggap vertebrata tertua. Beberapa orang mengkonsumsi ikan ini yang diyakini memiliki khasiat tertentu.

TINGKAH LAKU IKAN HAGFISH
Hagfish adalah ikan yang suka makan bangkai ikan yang sudah mati. Hagfish hidup di dasar air. Sesudah melakukan perkawinan, Hagfish  betina akan melepaskan telur-telurnya ke dalam cekungan di dasar sungai yang sudah dibuat oleh pejantan.

PERAN IKAN HAGFISH DI PERAIRAN
Ikan Hagfish disebut sebagai ikan vertebrata tertua. Hagfish memiliki peranan yang penting di perairan sebagai pembersih dasar air karena dia memakan bangkai-bangkai ikan yang sudah mati.

PENULIS
Arif Pandu
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Ali, S.A., M.N. Nessa, M.I. Djawad,. S.B.A. Omar. 2004a. Analisis fluktuasi hasil tangkapan dan hasil maksimum lestari ikan terbang (Exocoeitidae) di Sulawesi Selatan. Torani. Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan. 2 (14): 104-112.
http://duniaandromedaku.blogspot.co.id/2012/03/hagfishikan-pemakan-bangkai.html Diakses pada 24 Oktober 2015 pada jam 20.00 WIB
S. Nurhakim. (1983). Pengkajian Potensi dan Tingkat Pengusahaan Perikanan Torani di Perairan Sulawesi Selatan. Laporan Penelitian Perikanan Laut, 25 : 1 – 12.
Sumberdaya Pesisir. PKSPL. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Bogor. Bond, C.E. 1979. Biology of Fishes. W.B. Saunders Company. Philadelphia, London. p. 479.

No comments:

Post a Comment