Sunday, January 12, 2020

Periwinkle, Winkle, Atau Common Periwinkle (Littorina Littorea); Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Periwinkle atau winkle yang umum (Littorina littorea) adalah spesies whelk atau siput laut yang dapat dimakan, moluska gastropoda laut yang memiliki insang dan operculum, dan diklasifikasikan dalam keluarga Littorinidae, periwinkles.

Ini adalah spesies intertidal yang kuat dengan kulit gelap dan kadang-kadang berpita. Ini asli ke pantai berbatu di timur laut, dan diperkenalkan ke barat laut, Samudra Atlantik. Ada siput lain yang dikenal sebagai periwinkle kecil atau neritoides Melarhaphe yang terlihat serupa, tetapi lebih kecil.

KLASIFIKASI MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Mollusca
Class
: Gastropoda
Subclass
: Caenogastropoda
Order
: Littorinimorpha
Superfamily
: Littorinoidea
Family
: Littorinidae
Subfamily
: Littorininae
Genus
: Littorina
Species
: Littorina littorea

MORFOLOGI DAN CIRI-CIRI MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA
Littorina littorea merupakan periwinkle Inggris terbesar dengan cangkang mencapai ketinggian maksimum 52 mm. Cangkang berbentuk kerucut tajam dengan puncak runcing dan memahat permukaan. Bagian bergerigi spiral yang ditandai pada hewan muda cenderung menjadi tak jelas pada hewan dewasa. Warna kulit berkisar dari abu-abu, hitam, coklat, dan merah tapi umumnya berwarna hitam atau abu-abu gelap kecoklatan, sering lebih terang menuju puncak cangkangnya dan biasanya bermotif garis-garis gela dengan spiral. Columella atau poros tengah pada cangkang biasanya putih. Littorina littorea pada tahap remaja dikenali oleh adanya bagian hitam melintang pembatas dari tentakel yang agak datar dan luas. Bagian dalam cangkang memiliki warna coklat (Jackson, 2008)

REPRODUKSI MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA
Littorina littorea adalah hewan ovipar atau bereproduksi dengan cara bertelur. Spesies ini dapat berkembang biak sepanjang tahun tetapi panjang dan waktu periode pemuliaan sangat tergantung pada kondisi iklim. Littorina menukai daerah muara karena muara menyediakan lingkungan yang lebih bergizi daripada pantai terbuka. Jenis kelamin pada spesies ini terpisah, dan pembuahan terjadi secara internal. Sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan membentuk zigot dan menjadi telur. Telur ini akan dikeluarkan satu persatu dari saluran telur Littorina betina. Hewan ini mengamankan telurnya dengan meletakkannya di dalam selaput perlindungan. Bentuk selaput perlindungan ini bermacam-macam, pada Littorina berbentuk kapsul. Littorina littorea kemudian menumpahkan gudang kapsul telur tersebut langsung ke laut. Kapsul telur ditemukan ukurannya sekitar 1mm dan setiap kapsul bikonveks dapat berisi hingga sembilan telur tapi biasanya hanya ada dua atau tiga butir telur per kapsul. Pembebasan telur disinkronkan dengan pasang air. Di muara, populasi Littorina littorea akan matang pada awal tahun dan pemijahan maksimum terjadi pada bulan Januari. Nilai fekunditas adalah sampai 100.000 untuk betina besar (cangkang setinggi 27mm) per tahun. Telur yang dirilis pada beberapa kesempatan terpisah. Fekunditas betina meningkat dengan ukuran. Waktu penyelesaian larva atau fase pelagis bisa sampai enam minggu. Pejantan lebih memilih untuk berkembang biak dengan betina yang lebih besar karena lebih subur. Parasitisme oleh trematoda dapat menyebabkan kemandulan pada spesies Littorina littorea (Jackson, 2008).

FISIOLOGI MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA

1.  Pertumbuhan
Gastropoda mempunyai badan yang tidak simetri dengan mantelnya terletak di depan. Cangkangnya berikut isi perutnya tergulung spiral kearah belakang. Pertumbuhan pada gastropoda termasuk Littorina littorea terjadi lebih cepat saat umurnya masih muda dibandingkan dengan Littorina littorea dewasa. Ada gastropoda yang tumbuh sepanjang hidupnya ada pula yang pertumbuhannya terhenti setelah dewasa. Ukuran dan angka pertumbuhan pengukuran berlaku untuk cangkang tinggi. Kebanyakan menunjukkan bahwa kedewasaan dicapai pada ketinggian cangkang antara 10-12mm (Jackson, 2008).

2.  Respirasi dan Peredaran darah
Pada Gastropoda yang hidup di air tempat pulmonate itu ditempati oleh insang Udara masuk dan keluar melalui porus respiratorius. Darah yang berasal dari tubuh mengalami aerasi di dalam insang dan kemudian dipompakan oleh jantung melalui arteri ke arah kepala, kaki dan viscera (alat-alat dalam).                    

3.  Ekskresi
Menggunakan Alat ekskresi berupa sebuah ginjal yang terletak dekat jantung. Hasil ekskresi dikeluarkan ke dalam rongga mantel. Sistem peredaran darah adalah sistem peredaran darah terbuka. Jantung terdiri dari serambi dan bilik (ventrikel) yang terletak dalam rongga tubuh.sebuah ginjal, mengeluarkan zat-zat sisa dari rongga Pericardial yang mengelilingi jantung dan membuangnya ke dalam rongga mantel.

4.  Sistem Reproduksi
Setiap individu Gastropoda mempunyai alat kelamin jantan dan betina (Hermaprodit). Gastropoda melangsungkan peroses perkawinannya dengan cara sel telur setelah dibuahi oleh sperma akan terjadi zigot dan menjadi telur. Telur ini akan dikeluarkan dari saluran telur satu persatu dari saluran telur siput betina. Gastropoda yang hidup di laut mengamankan telur-telurnya dengan meletakkan di dalam selaput agar-agar (Dharma, 1988).

PERAN MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA DI PERAIRAN
Spesies ini telah diusukan sebagai spesies bioindikator yang sangat cocok untuk kontaminasi lingkungan laut. Ini terutama berasal dari kemampuannya untuk mengumpulkan elemen, senyawa, dan perubahan perilaku konsekuensial (Jackson, 2008).

Dalam kaitannya dengan manfaat ekologi alga, molusca adalah salah satu fauna bentik yang memanfaatkan keberadaan makro alga di sekitarnya. Berbagai limpet, bulu babi, dan siput litorina adalah kelompok grazer interidal utama yang memiliki peran dalam mengatur batas distribusi spesies alga (Nybakken, 1992).

FAKTOR-FAKTOR PERTUMBUHAN MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA

1.  Umur / Usia Spesies
Pertumbuhan pada gastropoda termasuk Littorina littorea terjadi lebih cepat saat umurnya masih muda dibandingkan dengan Littorina littorea dewasa.

2.  Makanan
Littorina littorea yang memperoleh makanannya dengan cukup akan memiliki progress atau pertambahan ukuran yang lebih cepat dibanding dengan littorina yang sulit untuk mendapatkan makanan.

TINGKAH LAKU MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA
Littorina littorea memiliki berbagai adaptasi biokimia yang memungkinkan habitat intertidal stresnya untuk dimanfaatkan. Spesies cenderung bergerombol dan membentuk cluster di daerah yang lebih menguntungkan bagi mereka, seperti kolam batu, bukan daerah kering. Pejantan yang diyakini matang lebih awal dari betina tapi betina dewasa pada ukuran yang lebih kecil. Hewan lebih aktif ketika terendam karena usaha dari pindah lendir lebih rendah saat di bawah air (Jackson, 2008).

HABITAT MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA
Littorina littorea terdistribusi secara luas pada pantai berbatu dari pantai ke atas sublittoral. Mereka juga dapat ditemukan di habitat berpasir atau berlumpur seperti muara dan substrat berlumpur. Spesies ini cukup toleran terhadap air payau karena pada dasarnya kelas Gastropoda merupakan golongan yang paling berhasil menyesuaikan diri untuk hidup di berbagai habitat. Wilayah endemik dari spesies Littorina littorea adalah di Eropa sementara wilayah penyebarannya ada di sekitar Amerika Utara (Jackson, 2008).

MANFAAT MOLUSKA COMMON PERIWINKLE LITTORINA LITTOREA
Manfaat moluska common periwinkle littorina littorea sebagai hewan konsumsi masyarakat.

PENULIS
Rizki Iliani
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Dharma, B. 1988. Siput dan Kerang Indonesia. PT Sarana Graha. Jakarta.
https://en.wikipedia.org/wiki/Common_periwinkle
Jackson, Angus. 2008. Littorina littorea. Common periwinkle. Marine Life Information Network: Biology and Sensitivity Key Information Sub-programme [on-line]. Plymouth: Marine Biological Association of the United Kingdom. [cited 05/11/2015]. Available from: http://www.marlin.ac.uk/speciesfullreview.php?speciesID=3713.
Linnaeus, C. (1758). Systema Naturae per regna tria naturae, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis.Editio decima, reformata. Laurentius Salvius: Holmiae. ii, 824 pp., available online at http://gdz.sub.uni-goettingen.de/no_cache/dms/load/toc/?IDDOC=265100.
Nybakken, J. W., 1992. Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologis. PT. Gramedia. Jakarta. 

1 comment:

  1. The development of artificial intelligence (AI) has propelled more programming architects, information scientists, and different experts to investigate the plausibility of a vocation in machine learning. Notwithstanding, a few newcomers will in general spotlight a lot on hypothesis and insufficient on commonsense application. machine learning projects for final year In case you will succeed, you have to begin building machine learning projects in the near future.

    Projects assist you with improving your applied ML skills rapidly while allowing you to investigate an intriguing point. Furthermore, you can include projects into your portfolio, making it simpler to get a vocation, discover cool profession openings, and Final Year Project Centers in Chennai even arrange a more significant compensation.


    Data analytics is the study of dissecting crude data so as to make decisions about that data. Data analytics advances and procedures are generally utilized in business ventures to empower associations to settle on progressively Python Training in Chennai educated business choices. In the present worldwide commercial center, it isn't sufficient to assemble data and do the math; you should realize how to apply that data to genuine situations such that will affect conduct. In the program you will initially gain proficiency with the specialized skills, including R and Python dialects most usually utilized in data analytics programming and usage; Python Training in Chennai at that point center around the commonsense application, in view of genuine business issues in a scope of industry segments, for example, wellbeing, promoting and account.

    ReplyDelete