Sunday, January 12, 2020

Karang Otak; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Karang otak atau Favia speciosa adalah karang yang bisa ditemukan di perairan dengan kedalaman 0-6 meter (Zipcodezoo, 2013). Coral masive merupakan bentuk bercabang dengan arah mendatar dan rata seperti meja. Karang ini ditopang dengan batang yang berpusat atau bertumpu pada satu sisi membentuk sudut atau datar (Timoius, 2003).

KLASIFIKASI KARANG OTAK
Phylum
: Cnidaria
Sub phylum
: Anthoza
Kelas
: Anthozoa
Sub Kelas
: Zoantharia
Ordo
: Scleractinia
Family
: Faviidae
Genus
: Favia
Species
: Favia speciosa

MORFOLOGI KARANG OTAK
Struktur tubuhnya polyp yaitu hidup menetap bentuk silindris, satu ujung disebut oral yaitu bagian muut dikelilingi tentakel, dan aboral yaitu bagian yang menempel pada substrat. Selalu dalam bentuk polyp, soliter, atau koloni. Tidak ada stadia medusa. Mulut berhubungan langsung dengan pharynx, gastrovascular terbagi oleh sekat longitudinal (septa). Warna dari Favia speciosa adalah abu-abu pucat serta hijau atau coklat (Coral, 2013). Favia speciosa merupakan jenis karang yang tahan terhadap sedimentasi.

Favia speciosa adalah satus spesies dari favidae family, biasanya membentuk koloni kubah  yang bervariasi dalam warna dari pucat abu-abu hijau sampai coklat. Tubuhnya juga kadang kadang menjadi encrusting, berpegang erat dengan substrat . polip dari hewan ini juga terletak pada lebih besar di daerah yang bersedimen padat. Favia spesiosa sangat mirip dengan favia fallida.

CIRI-CIRI KARANG OTAK
1.  Polip tersusun berbanjar
2.  Barisan terpisah dan rapi
3.  Polip membentuk kalori
4.  Tersusun saling berdekatan
5.  Skelet berbentuk seperti otak

REPRODUKSI KARANG OTAK
Perkembangan secara seksual sama seperti perkembanganbiakan sea anemone secara dioecious dan juga hemaprodit. Dari reproduksi inilah di hasil kan nya polip yang kemudian menempel pada substrat. Setelah menempel kemudian membuat kuncup dan melepaskannya. Pada saat menetap tubuh akan tumbuh menjadi dewasa. Merupakan induk dari seluruh koloni.

FISIOLOGI KARANG OTAK
Jenis kelamin hewan karang otak tidak mudah dilihat dari luar sebagaimana pada hewan tingkat tinggi lainnya. Untuk menentukan jenis kelamin secara langsung harus mengamati gonad matang di dalam coelenteron. Testis karang biasanya berwarna putih, sedangkan ovarium tampak berwarna lebih menyolok merah, merah muda, orange, coklat atau biru (Harrison dan Wallace, 1990 dalam munasik, 2002). Sistem reproduksi pada Favia speciosa adalah seksual (Todd et al, 2004).

TINGKAH LAKU KARANG OTAK
Koloni massive, koralit tersebar tidak teratur berbentuk oval. Septa jelas teratur pali tidak berkembang dengan baik (Suharsono, 2008).

HABITAT KARANG OTAK
Karang ini hidup di perairan yang bersuhu panas. Di daerahtropis, karang ini dapat berkembang biak dengan sangat begitu cepat. Daerah tropis tersebut antara lain di samudera Hindia dan Australia. Hidup di permukaan di tempat yangmasih mendapatkan akses sinar matahari untuk berfotosintesis. Karang ini biasanya dapat menempel pada subtract di perairan.

Karang otak ditemukan di perairan dangkal setelah padang lamun. Karang ini banyak dijumpai hidup pada kedalaman 3-20 meter. Koloni karang ini tergolong masive (besar). Tersebar di perairan Indonesia, Jepang, Madagaskar, Philipina, Papua New Guinea, Tanzania dan Australia.

MANFAAT KARANG OTAK
Lebih dari 1 Milyar orang hidup di dalam radius 60 Km dari terumbu karang di daerah tropis, dan separuhnya tergantung kepada terumbu karang sebagai sumber pangan dan pendapatan. Masyarakat disekitar terumbu karang dapat memanfaatkan hal ini dengan mendirikan pusat-pusat penyelaman, snorkeling, hewan hiasan, memancing, restoran, penginapan sehingga pendapatan mereka bertambah (Arif Lukman, 2013).

PERAN KARANG OTAK DI PERAIRAN
Coelenterata dari kelas Anthozoa merupakan pembentuk ekosistem terumbu karang yang menjadi habitat ikan dan hewan laut lainnya.. Kerangka luar beberapa jenis Coelenterata dapat digunakan sebagai hiasan akuarium, misalnya Coralliumrubrum (koralmerah), Fungiaactiniformis (karangpiring), Paramuricea (akarbahar), dan Faviaspeciosa (karangotak). Terumbu karang jenis ini dapat melindungi pantai dari abrasi air laut,  karena karang ini mengandung zat kapur.

PENULIS
Ulfa Gita Anjeli
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Allan.1962. HewanAir.London.Theyc.Y Mosby Company
Helm and Bourn.2004.Avertebrate Water.. USA: W,B Sounders Company
Rachma Sakti Oktaviani. Makalah Favia speciosa https://id.scribd.com/doc/289218298/favia-speciosa-docx
Romimahtarto.2009. Biologilaut. Malang. Alfabeta
Romimahtartodansrijuwana. 2007. BiologiLaut. Malang: Alfabeta
Suharsono. 2008. Jenis-Jenis Karang Otak Diindonesia. Lipi Coremap Program Jakart. Hal 1-382.
Swenmen.2001. AvertebratadanInvertebrata Air. USA: W,B Sounders Company
Wijarni. 1984. Avertebrata Air. UniversitasBrawijaya
Zipcodezoo.2015.http://www.zipcodezoo.com.diaksespadatanggal4November 2015

No comments:

Post a Comment