Sunday, January 5, 2020

Bintang Laut Berduri Atau Bintang Berbantal; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Bintang Laut Berduri Culcita sp. merupakan salah satu jenis echinodermata yang kulitnya banyak ditumbuhi duri, sehingga disebut hewan berkulit duri.

KLASIFIKASI BINTANG LAUT BERDURI
Kingdom :  Animalia                                                             
Phylum : Echinodermata
Class : Asteroidea
Order : Valvatida
Family : Oreasteridae
Genus : Culcita
Species : Culcita sp.


MORFOLOGI BINTANG LAUT BERDURI
Culcita sp. termasuk hewan triploblastik selomata. Umumnya culcita sp. mempunyai lengan sebanyak lima atau kelipatan bilangan tersebut. Tubuh culcita sp. terdiri atas keping utama (central disk) yang dilengkapi lima lengan pipih. Pada ujung setiap lengan terdapat tentakel lunak yang dilengkapi bintik mata yang sangat peka terhadap rangsangan cahaya. Seluruh tubuhnya terlindungi oleh epidermis bersilia. Pada beberapa jenis culcita sp., rangka dalamnya berupa tulang-tulang kecil dengan bentuk yang sangat variatif dan tersusun dengan pola yang tidak teratur, yang merupakan penyokong tubuh dan tersusun dari lempeng-lempeng zat kapur atau osikulus. Tulang-tulang kecil tersebut disatukan oleh otot dan diikat oleh jaringan ikat. Di sebelah dalam rangka dalam terdapat selom yang dibatasi oleh jaringan epitel bersilia.


HABITAT BINTANG LAUT BERDURI
Hewan ini bertempat tinggal di laut.

CIRI-CIRI BINTANG LAUT BERDURI
  • Lengan atau lebih yang tersusun secara simetri radial.
  • Pada setiap ujung lengan terdapat alat sensor yang bentuknya menyerupai tentakel dengan bintik mata pada ujungnya. Bintik mata ini mengandung pigmen merah yang peka terhadap cahaya.
  • Lekukan ambulakralnya terbuka dan didalamnya berisi kaki tabung. Kaki tabung ini biasanya dilengkapi dengan sucker (batil penghisap).
  • Permukaan tubuh bagian atas (aboral) ditutupi oleh diri-diri tumpul berbentuk catut (pediselaria).
REPRODUKSI BINTANG LAUT BERDURI
Culcita sp. berkembang biak secara kawin dan berkelamin terpisah. Kelenjar kelamin jantan ataupun betina terdapat pada setiap lengan. Pembuahannya berlangsung secara eksternal, yaitu di dalam air. Telur yang telah dibuahi akan membelah dengan cepat menghasilkan blastula bulat berdiameter 0,2 mm, bersilia, dan dapat berenang. Selanjutnya, akan berkembang menjadi larva bilateral simetris yang disebut bipinaria. Setelah mengalami metamorfosis, akhirnya dihasilkan culcita sp.dewasa.

FISIOLOGI BINTANG LAUT BERDURI
Echinodermata adalah filum hewan terbesar yang tidak memiliki anggota yang hidup di air tawar atau darat. Hewan-hewan ini juga mudah dikenali dari bentuk tubuhnya: kebanyakan memiliki simetri radial, khususnya simetri radial pentameral (terbagi lima). Banyak di antara anggotanya yang berperan besar dalam ekosistem laut, terutama ekosistem litoral pantai berbatu, terumbu karang, perairan dangkal, dan palung laut. Spesies bintang laut Pisaster ochraceus misalnya, menjadi predator utama di ekosistem pantai berbatu, spesifiknya mengendalikan populasi tiram biru (Mytilus edulis)sehingga spesies yang lain dapat menghuni pantai tersebut dan bivalvia tersebut tidak mendominansi secara berlebihan. Contoh lain adalah Acanthaster planci yang memakan polip karang di perairan Indo-Pasifik. Echinodermata mempunyai kemampuan untuk melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang.

PERTUMBUHAN BINTANG LAUT BERDURI
Bintang berbantal salah satu spesies bintang laut yang termasuk dalam genus taksonomi Culcita. Invertebrata  laut  yang  tinggal ini dari Indo-Pasifik memiliki beberapa karakteristik yang membedakan mereka dari spesies lain dari bintang laut. Salah satu faktor kunci yang membedakan adalah penampilan Cushion bintang. Dengan meningkat, tubuh agak gemuk dan lengan hampir tak terlihat, bintang Cushion sangat berbeda dari bintang laut yang khas. Namun, penampilan yang unik yang benar-benar membantu dalam  perlindungan  karena sulit bagi predator untuk memahami tubuhnya. Spesies ini lebih jauh lagi menarik untuk melihat  kualitas ini jelas ditampilkan dalam berbagai pola, warna, dan desain dari bintang Cushion. Itu bervariasi mewarnai juga cocok habitatnya bintang Cushion akan sering ditemukan pemulungan dekat dan sekitar terumbu karang untuk makan nya. Saham bintang Cushion karakteristik yang sama dengan bintang laut lainnya, termasuk metode yang reproduksi dan air-vaskular sistem yang luar biasa bintang laut yang terkenal itu. Namun, kesamaan ini tidak mengambil dari keunikan bintang Cushion.

PERAN BINTANG LAUT BERDURI DALAM PERAIRAN
Culcita sp. merupakan hewan pemakan bangkai dan kotoran hewan di laut sehingga ia mempunyai peran sebagai pembersih lingkungan laut terutama pantai. Secara ekonomis ia hanya sedikit sekali manfaatnya bagi manusia. Beberapa jenis dapat digunakan sebagai bahan makanan, misalnya teripang, dan kerangka dari beberapa jenis Echinodermata dapat digunakan sebagai bahan hiasan.

TINGKAH LAKU BINTANG LAUT BERDURI
 Bintang laut berduri mengetahui makanannya dengan cara mendeteksi sinyal kimiawi di air (chemoreception). Mungkin juga dapat mengetahui adanya bintang laut lainnya, serta secara tepat dapat mengetahui bintang laut berduri lainnya yang sedang memijah. Adapun bagian tubuh atau organ yang menerima sinyal tersebut adalah tentakel-tentakel sensor yang terkonsentrasi pada bagian ujung lengan. Tentakel-tentakel ini akan bergerak dalam alunan yang aktif untuk memandu lengan-lengan bintang laut ini untuk pergerakan. Bintang laut berduridapat mengetahui satu dengan yang lainnya pada jarak beberapa meter atau lebih.

Secara khusus, bintang laut berduri menyembunyikan dirinya di bagian bawah karang selama siang hari, dan aktif lagi pada malam hari. Tingkah laku ini akan berubah bila bintang laut berduri berada dalam jumlah yang banyak sehingga terjadi kompetisi antar bintang laut berduri untuk mendapatkan makanan dan akan memaksa mereka untuk mencari makanan baik pada malam maupun siang hari. Dalam keadaan inilah bintang laut berduri terkumpul banyak di hamparan terumbu karang.

PENULIS
Dyan Faridha M
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015


EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSAKA

http://alvyanto.blogspot.com/2012/11/phylum-annelida.html#ixzz3qa2PTtY4
Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu

http://ariefnugrahaha.blogspot.co.id/p/biologi.html

http://biologi-sma-rahul.blogspot.co.id/2012/04/phylum-echinodermata-hewan-berkulit.html

http://creationwiki.org/Cushion_star

http://gluwes13.blogspot.co.id/2014/05/echinodermata.html

http://mulaidengankanan.blogspot.co.id/2012/04/tugas-pendahuluan-avertebrata-tentang.html

http://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/12/filum-echinodermata-siklus-hidup-ciri-ciri-klasifikasi-reproduksi-contoh.html

http://taufan web.blogspot.co.id/2014/04/pengertian-annelida.html

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:bpf6OOrNoBkJ:ejournal.undip.ac.id/index.php/ijms/article/download/2280/2020+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id

https://en.wikipedia.org/wiki/Culcita_novaeguineae

No comments:

Post a Comment