Saturday, October 26, 2019

Alat Bantu Global Positioning System (GPS) Dan Fish Finder (Metode Penangkapan Ikan (MPI))


(Gambar GPS)

(Gambar Fish Finder)

Global Positioning System (GPS) merupakan sistem navigasi ruang angkasa yang dapat menentukan posisi benda dimana saja pada bumi. Teknologi ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk semua orang, dengan waktu pemakaian yang tidak terbatas tanpa biaya tambahan untuk data navigasi. Sistem navigasi GPS menggunakan kumpulan dari 24 satelit pada ketinggian orbit sekitar 11.000 mil di atas bumi. Satelit tersebut mengitari bumi secara konstan sebanyak 2 kali dengan waktu kurang dari 24 jam (Haryanto, 2002)

 

Global Positioning System (GPS)

1.   merupakan sistem navigasi ruang angkasa yang dapat menentukan posisi benda dimana saja pada bumi.

2.   Teknologi ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk semua orang, dengan waktu pemakaian yang tidak terbatas tanpa biaya tambahan untuk data navigasi

3.   Sistem navigasi GPS menggunakan kumpulan dari 24 satelit pada ketinggian orbit sekitar 11.000 mil di atas bumi

 

Pemanfaatan teknologi GPS

1.   Penggunaan GPS untuk keperluan militer :

          Alat navigasi bagi tentara untuk operasi militer di daerah yang          sukar  mendapatkan patokan arah (padang pasir).

2.        Untuk keperluan sipil :

          Kegiatan alam

                   Sebagai alat navigasi untuk menunjukkan posisi dan arah di muka bumi, navigasi darat bagi pecinta alam.

          Avionics
          Digunakan pada pesawat komersial dan pesawat tempur sebagai  bagian alat navigasi udara, penerjun payung dan pada balon udara.

          Pemetaan
          Untuk memperoleh data pembuatan peta survey  daerah berupa  contour dan untuk data Geographical Information System  (GIS).

          Maritim/Kelautan
          Untuk keperluan di bidang kelautan, GPS dipasang pada perahu motor  atau kapal yang digunakan sebagai alat navigasi laut

 

Prinsip kerja Fish Finder :

1.   Pemancaran gema antara 50-200 MHz kedalam perairan secara vertikal, selanjutnya gema ini terpantul kembali setelah mengenai obyek berupa ikan atau dasar perairan.

2.   Gema dipancarkan melalui tranducer, dan alat ini pula yang menerima kembali pancaran gema setelah mengenai obyek tertentu.

3.   Fish Finder, model atau tipe yang lama menggunakan kertas sebagai rekaman (recording paper) penampilan obyek dalam perairan

 

Cara Identifikasi:

1.   Adapun cara identifikasi atau pemeriksaan Fish Finder hanya dapat dilakukan dengan mengenali display unit, karena tranducer terpasang pada dasar kapal.

2.   Display Unit : Berupa layar monitor, dengan tampilan berwarna yang menunjukkan obyek terpantul arah vertikal, atau dengan kertas rekaman (recording paper).

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015 

No comments:

Post a Comment