Tuesday, October 29, 2019

Dasar Manajemen Manajemen dan Pengelolaan



1. PENDAHULUAN

1.1 Pengantar

• Kegiatan manajemen merupakan kegiatan dasar yang selalu dilakukan oleh setiap manusia.

• Sebagai manusia, kita tentu memiliki kegiatan setiap hari mulai pagi hari dari bangun tidur, hingga malam hari untuk berangkat tidur lagi.  Seharian penuh kita disibukkan dengan aktivitas kita. Secara sederhana, prinsip manajemen telah kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Manajemen memiliki arti yang sama dengan mengatur. Ketika kita mengatur segala aktivitas kita, berarti kita telah melakukan manajemen untuk mengatur hidup kita sehari-hari.

• Secara lebih luas, bagaimana pengertian manajemen secara lebih mendalam diperlukan oleh manusia dalam kegiatan berorganisasi baik organisasi sosial maupun organisasi bisnis penting untuk dipelajari untuk mencapai sukses.

• Fungsi manajemen merupakan dasar-dasar kegiatan manajemen antara lain fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan kepemimpinan dan pengendalian. Fungsi ini perlu disampaikan sebagai pengantar untuk menjelaskan proses manajemen serta pentingnya belajar manajemen yang berkaitan dengan penentuan tujuan untuk kinerja organisasi dimasa depan. Fungsi pengorganisasian berkaitan dengan penentuan dan pengelompokan tugas dalam organisasi, serta alokasi sumberdaya. Fungsi pengarahan dan kepemimpinan menggunakan pengaruh untuk memberikan mootivasi kepada karyawan sehingga mencapai tujuan organisasi. Fungsi pengendalian berkaitan dengan pengawasan aktivitas organisasi.

• Sasaran akhir yang dituju dalam studi awal pengenalan manajemen dan pengelolaan adalah pengungkapan dan pemahaman manajemen menalui pengertian, dan pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berorganisasi.  Ini adalah landasan dasar dari upaya memberikan pemahaman yang mendalam guna mencapai sukses.

 

1.2 Tujuan

Penguasaan materi dalam modul ini, yang dirancang sebagai landasan dasar pemahaman manajemen.

• Menjelaskan pengertian manajemen dan keempat fungsi manajemen dan jenis aktivitas yang berkaitan dengan masing-masing fungsi

• Menjelaskan manajemen sebagai ilmu dan seni,

• Menjelaskan jenis-jenis manajemen serta perbedaan horizontal dan vertikal

• Menjelaskan peran dan kegiatan manajer

 

2. Pengertian Manajemen

• Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur.  MANAJEMEN dibutuhkan untuk semua kegiatan yang diorganisir baik kegiatan formal dalam suatu organisasi maupun non formal dalam kehidupan kita sehari-hari. Pengaturan ini dilakukan melalui proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen. Dengan demikian, Dalam menjalankan manajemen, organisasi memiliki persamaan tercermin pada fungsi-fungsi manajerial yang dijalankan.

• Kegiatan manajemen sangat berkaitan erat serta tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan dengan orang lain. Bahkan suksesnya suatu tujuan organisasi akan dapat lebih mudah dicapai bila dijalankan secara bersama-sama olehseluruh  anggota manajemen. Dengan demikian, aspek pokok dalam manajemen adalah mengenali peranan dan pentingnya orang lain.

• Fungsi manajemen bersifat universal, artinya sama dimana saja, dlm seluruh organisasi, pada waktu kapan saja. Penerapan dapat berbeda, tergantung pada orang yang menjalankan, tipe organisasi, kebudayaan maupun anggota organisasinya.

 

2.1. Definisi manajemen

• Ensiclopedia of The Social Sciences: “proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi:

• Mary Parker Follet : “seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”

• G.R. Terry: “ proses yang khas, terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

• James A.F. Stoner: “ proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan upaya /usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan organists yang telah ditetapkan

• Peter Drucker: memberikan kepemimpinan dan arahan kepada organisasi, memimpin, dan memutuskan bagaimana harusnya menggunakan sumberdaya untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Dari definisi dapat dikelompokkan arti manajemen:

• Seni : kemampuan atau ketrampilan pribadi dalam proses perencanaan, mengorganisir, memimpin, berkomunikasi dan mempengaruhi orang.

• Proses : karena semua manajer harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu yang berkaitan untuk mencapai tujuan ttt. Proses manajemen terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

• Ilmu dan seni : Ilmu karena merupakan kumpulan pengetahuan yang sistematis dan telah diterima sebagai kebenaran yang universal. Seni: keberhasilan manajer pasti dengan bantuan bawahan shg diperlukan pemahaman, pengalaman dan kemampuan manajer mempengaruhi orang lain dengan wibawa, kharisma atau seni memimpin orang.

 

2.2.Manajemen sebagai proses terdiri dari kegiatan-kegiatan :

a) Perencanaan :

Berarti menentukan tujuan untuk kinerja organisasi dimasa yang akan datang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakan.

b) Pengorganisasian:

Meliputi penentuan dan pengelompokan tugas kedalam bagian/departemen, menentukan siapa yang melaksanakan dan alokasi sumberdaya diantara organisasi. Manajer mengkoordinir sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya yang dimiliki organisasi

c)  Pengarahan/penggerakan dan kepemimpinan:

Meliputi kegiatan yang mempergunakan pengaruh dan memberikan motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi bawahan.

d)  Pengawasan dan pengendalian:

Meliputi kegiatan mengawasi aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi dapat memenuhi target dan melakukan koreksi bila diperlukan. Manajer berupaya untuk meyakinkan bahwa organusasi bergerak dalam jalur tujuan yang sesuai.

 

2.3.Manajemen sebagai ilmu dan seni

• Manajemen sebagai ilmu menurut Luther Gulick:

O Manajemen sebagai bidang ilmu pengetahuan yang mencari secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana orang-orang bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan menjadikan kerjasama tersebut lebih berguna bagi kemanusiaan.

O Manajemen telah memenuhi syarat disebut ilmu pengetahuan karena telah dipelajari untuk waktu yang lama dan diorganisasi menjadi suatu teori.

• Teori manajemen selalu diuji dalam praktek, sehingga manajemen sebagai ilmu akan terus berkembang.  Prinsip dan teori manajemen yang diuji dalam praktek akan selalu berkembang dengan pengalaman dan pengetahuan yang baru, sehingga akan menghasilkan prinsip dan teori yang baru untuk melengkapi teori yang telah ada. Perkembangan ilmu manajemen tidak dapat dipisahkan dengan praktek dari prinsip dan teori manajemen sebelumnya.

• Manajemen sebagai ilmu, pada kenyataannya dalam praktek juga merupakan perpaduan seni manajemen. Para manajer yang efektif pasti memanfaatkan perkembangan ilmu sebagai alat yang mendukung pelaksanaan manajemen seperti penggunaan alat telekomunikasi, internet dan sebagainya. Disisi lain, para manajer juga berhubungan dengan orang lain dan bawahan, dengan melaksanakan fungsi perencanaan, koordinasi, komunikasi, kepemimpinan dan segala sesuatu yang menyangkut unsur manusia. Pendekatan ini memerlukan pendekatan seni dan artistic dari seorang manajer untuk mencapai sukses. Dengan demikian manajemen merupakan kombinasi ilmu dan seni dengan proporsi yang bermacam-macam.

 

2.4.Mengapa manajemen diperlukan?

• Untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Dengan menjalankan manajemen, berarti kita telah mengatur semua kegiatan yang akan kita jalani untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Efektif dalam kegiatan manajemen adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat dengan peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Efisien adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. 

• Kegiatan manajemen akan berhubungan dengan berbagai pihak dalam suatu organisasi. Manajer disetiap organisasi akan menghadapi tantangan yang besar serta berpeluang timbulnya perbedaan antar anggota organisasi.  Oleh karena itu manajemen diperlukan untuk menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan, menbentuk skala prioritas untuk pencapaian tujuan secara teratur.

• Agar memiliki keunggulan daya saing dalam menghadapi persaingan global.

Manajer senantiasa berhadapan dengan kemajuan teknoligi serta ketidakpastian lingkkungan. Keahlian dan tindakan manajemen yang kukuh merupakan keunggulan daya saing untuk tetap bertahan dalam menghadapi krisis dan persaingan.

 

3. Manajer dan Manajemen

• “Manajer” berarti orang yang mempunyai tanggungjawab atas bawahan dan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya. Manajer ada dalam semua type organisasi.

• Ada banyak tipe manajer dengan tugas-tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

 

3.1.  Keahlian manajemen

 3.1.1.  Keahlian konseptual

• Adalah kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan keterkaitan diantara bagian-bagiannya. Kemampuan mental mengkoordinasi dan mengintegrasikan  kepentingan dan kegiatan organisasi.

• Keahlian konseptual melibatkan pemikiran manajer, pengolahan informasi dan kemampuan perencanaan.  Keahlian ini melibatkan pengetahuan seseorang dalam organisasi secara keseluruhan, serta bagaimana organisasi dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar baik lingkungan masyarakat, pesaing, pemerintahan serta lingkungan social yang lebih luas. Ini berarti kemampuan untuk berpikir strategis dengan mengambil pandangan yang luas dan jangka panjang.

• Peningkatan manajer pada hierarki yang lebih tinggi, harus diikuti dengan pengembangan keahlian konseptual. Hal ini terkaiit dengan tanggungjawab manajer tingkat puncak terutama pada kegiatan pengambilan keputusan, pengalokasian sumberdaya, serta berinovasi untuk kemajuan organisasi.  

 

3.1.2. Keahlian Kemanusiaan

• Keahlian kemanusiaan atau human skills adalah kemampuan manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain, serta secara efektif sebagai anggota kelompok.

• Keahlian ini diperlihatkan dengan cara seorang manajer berhubungan dengan orang lain, termasuk kemampuan untuk memotivasi, memfasilitasi, mengoordinasi, memimpin, berkonmunikasi, dan menyelesaikan konflik.

• Keahlian manusian menjadi semakin penting bagi seluruh manajer di segala tingkatan, dan secara khusus bagi mereka yang bekerja dengan karyawan secara langsung setiap harinya. Organisasi sering kali kehilangan karyawan yang baik dikarenakan bos lini depan yang tidak menunjukkan rasa hormat dan perhatian kepada para pekerja.

 

3.1.3. Keahlian teknik

• Keahlian teknik atau technical skills merupakan pemahaman dan kefasihan dalam melakukan tugas tertentu.

• Keahlian teknis mencakup penguasaan metode, teknik, dan peralatan yang digunakan di dalam fungsi tertentu, seperti rekayasa, manufaktur, atau keuangan. Keahlian teknis juga mencakup pengetahuan khusus, kemampuan analisis, dan penggunaan alat dan teknik yang tepat untuk menyelesaikan masalah dalam bidang disiplin ilmu tertentu.

• Secara khusus keahlian teknis ini penting pada tingkatan organisasi yang lebih rendah. Banyak manajer mendapat promosi atas pekerjaan manajemen pertamanya karenamemiliki keahlian teknis yang baik.

 

3.1.4. Keahlian administratif

• Keahlian administratif atau administratif skills adalah seluruh keterampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kepegawaian dan pengawasan.

• Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, mengelola dengan anggaran terbatas, dan sebagainya.

• Keahlian administratif adalah suatu perluasan dari keahlian konseptual. Manajer melaksanakan keputusan-keputusan melalui penggunaan keterampilan administratif (dan kemanusian).

 

3.2.  Jenis manajemen

• Manajer menggunakan keahlian konseptual, manusia, dan teknis untuk melakukan keempat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian di segala jenis organisasi-besar dan kecil, manufaktur dan jasa, berorientasi laba dan nirlaba, serta berbasis tradisional dan internet.

• Tidak semua pekerjaan manajer itu sama. Manajer bertanggung jawab untuk departemen yang berbeda, bekerja pada tingkat heirarki yang berbeda, dan memenuhi persyaratan yang berbeda untuk mencapai kinerja yang tinggi.

 

3.2.1.  Perbedaan vertical

 

a. Manajer puncak

• Berada pada puncak hierarki dan bertanggungjawab pada keseluruhan organisasi.

• Jabatan manajer puncak: presiden, kketua, direktur, eksekutif, presiden direktur dan wakil presiden eksekutif.

• Bertanggungjawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan men ginterpretasikan lingkungan eksternal sserta mengambil keputusan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.

• Manajer puncak memiliki pandangan kedepan dan jangka panjang serta mengikuti trend lingkungan guna keberhasilan organisasi. 

 

b. Manajer menengah

• Berada pada puncak hierarki dan bertanggungjawab pada keseluruhan organisasi.

• Jabatan manajer puncak: presiden, kketua, direktur, eksekutif, presiden direktur dan wakil presiden eksekutif.

• Bertanggungjawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan men ginterpretasikan lingkungan eksternal sserta mengambil keputusan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.

• Manajer puncak memiliki pandangan kedepan dan jangka panjang serta mengikuti trend lingkungan guna keberhasilan organisasi. 

 

c. Manajer proyek

• Berada pada puncak hierarki dan bertanggungjawab pada keseluruhan organisasi.

• Jabatan manajer puncak: presiden, kketua, direktur, eksekutif, presiden direktur dan wakil presiden eksekutif.

• Bertanggungjawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan men ginterpretasikan lingkungan eksternal sserta mengambil keputusan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.

• Manajer puncak memiliki pandangan kedepan dan jangka panjang serta mengikuti trend lingkungan guna keberhasilan organisasi. 

 

d. Manajer lini pertama

• Berada pada puncak hierarki dan bertanggungjawab pada keseluruhan organisasi.

• Jabatan manajer puncak: presiden, kketua, direktur, eksekutif, presiden direktur dan wakil presiden eksekutif.

• Bertanggungjawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan men ginterpretasikan lingkungan eksternal sserta mengambil keputusan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.

• Manajer puncak memiliki pandangan kedepan dan jangka panjang serta mengikuti trend lingkungan guna keberhasilan organisasi. 

 

Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi manajer menjadi tiga golongan yang berbeda:

 

1. Manajer lini-pertama. Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasioanl, disebut manajemen lini/garis-pertama (first-line atau firts level). Para manajer ini sering disebut dengan kepala atau pimpinan (leader), mandor (foremen), dan penyelia(supervisor).

 

2. Manajer menegah. Manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegitan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan lain bagi manajer menengah adalah manajer departemen, kepala pengawas (superintendents), dan sebagainya.

 

3. Manajer puncak, klasifikasi manajer tertinggi ini terdiri dari sekelompok kecil eksekutif. Manajemen puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Sebutan khas bagi manajer puncak adalah direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden sebior, dan sebagainya.

 


(Gambar Tingkatan Manajemen dalam suatu organisasi)

 

3.2.2.  Perbedaan horizontal

 

a. Manajer fungsional

• Berada pada puncak hierarki dan bertanggungjawab pada keseluruhan organisasi.

• Jabatan manajer puncak: presiden, ketua, direktur, eksekutif, presiden direktur dan wakil presiden eksekutif.

• Bertanggungjawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan men ginterpretasikan lingkungan eksternal sserta mengambil keputusan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.

• Manajer puncak memiliki pandangan kedepan dan jangka panjang serta mengikuti trend lingkungan guna keberhasilan organisasi. 

 

b. Manajer Umum

• Berada pada puncak hierarki dan bertanggungjawab pada keseluruhan organisasi.

• Jabatan manajer puncak: presiden, kketua, direktur, eksekutif, presiden direktur dan wakil presiden eksekutif.

• Bertanggungjawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan men ginterpretasikan lingkungan eksternal sserta mengambil keputusan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.

• Manajer puncak memiliki pandangan kedepan dan jangka panjang serta mengikuti trend lingkungan guna keberhasilan organisasi. 

 

3.3. Kegiatan-kegiatan manajer

• Setiap manajer mengambil peranan yang lebih luas untuk menggerakkan organisasi menuju sasaran-sasaran yang telah ditetapkan.

• Pada dasarnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh para manajer dapat diklasifikasikan kedalam empat kelompok, yaitu: 1) pribadi, 2) teknis, 3) administratif, dan 4) interaksional.

• Kegiatan-kegiatan ini berhubungan dengan, dan dapat dipelajari dalam, fungsi-fungsi manajerial.

 


(Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan manajer)

 

PENULIS

Dr. Ir. Pudji Purwanti, MP

Mochammad Fattah, S.Pi, M.Si

Dosen Fpik Universitas Brawijaya

 

EDITOR

Gery Purnomo Aji Sutrisno

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

REFERENSI

Hani Handoko, 2000. Manajemen Edisi ke 2. BPFE Yogyakarta.

Richard L. Daft. 2003. Management, 6 th ed. Cengange Learning Asia Pte. Ltd. Singapore

Stoner, Freeman, Gilbert.  1996. Manajemen Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.

 

PROPAGASI

A. Latihan dan Diskusi (Propagasi vertical dan Horizontal)

 

Diskusikan:

1, Manajemen bersifat universal. Apa maksudnya? beri contohnya!

2, Manajemen merupakan ilmu pengetahuan dan seni. Diskusikan pernyataan tersebut. Beri pula contohnya.

 

B. Pertanyaan (Evaluasi mandiri)

1. Apa yang dimaksud dengan manajemen?

2. Apa yang dimaksud dengan manajer?

3. Mengapa manajemen penting bagi sebuah organisasi?

4. Apa saja kegiatan manajer dalam sebuah organisasi?

5. Sebutkan dan jelaskan jenis dari manajemen?

 

C. QUIZ -mutiple choice (Evaluasi)

 

D. PROYEK (Eksplorasi entrepreneurship, penerapan topic bahasan pada dunia nyata)

 

Sebagai seorang mahasiswa, anda mempunyai tujuan untuk dapat meraih gelar sarjana dengan sukses. Agar sukses dapat tercapai, maka anda harus menerapkan manajemen untuk mengatur diri anda sendiri sebagai seorang mahasiswa untuk mencapai tujuan.

 

Tugas: Buat paper suatu kegiatan manajemen yang anda lakukan sebagai seorang mahasiswa dengan menggunakan urutan proses manajemen.

No comments:

Post a Comment