Kunjungan oleh Tim Asian Development Bank (ADB) dan Dinas Perikanan Sukamara di klaster tambak udang Pokdakan Mina Barokah Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci



Kunjungan Klaster Tambak Udang oleh Tim Asian Development Bank (ADB) dan Dinas Perikanan Sukamara di klaster tambak udang milik  Pokdakan Mina Barokah Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci

Jumat, 21 April 2022

Kunjungan dilaksanakan di klaster tambak udang milik  Pokdakan Mina Barokah di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci. Kunjungan tersebut dilaksanakan bersama tim konsultan Asean Development Bank (ADB), Perwakilan dari Sekretariat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, perwakilan dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara dan Pokdakan Mina Barokah.


Dalam kunjungan tersebut dilakukan diskusi/sharing informasi terkait kendala teknis dan non teknis yang dihadapi oleh Mina Barokah selama mengelola klaster tambak Udang sebagai bahan pembelajaran dan perbaikan kedepannya. Diskusi tersebut juga melibatkan ibu-ibu/isteri petambak dari pokdakan Mina Barokah untuk mengetahui sejauh mana peran gender dalam pengelolaan klaster tambak udang.

Hasil diskusi bersama Tim Konsultan ADB dan Petani Tambak Udang Mina Barokah yaitu diharapkan Kabupaten Sukamara menjadi Sentra Budidaya Udang percontohan yang akan berdampak kedepan akan dibangunnya infrastruktur penunjang budidaya udang sehingga biaya produksi yang tinggi dapat diatasi.

Selanjutnya dilakukan turun lapang ke lokasi klaster tambak udang Mina Barokah untuk melihat kondisi petak pembesaran petak tandon dan IPAL. 

Penulis
Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

Post a Comment for "Kunjungan oleh Tim Asian Development Bank (ADB) dan Dinas Perikanan Sukamara di klaster tambak udang Pokdakan Mina Barokah Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci"