9 Jenis Ikan Hiu di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores

Terdapat 3 ordo hiu yang tertangkap oleh nelayan yaitu Orectolobiformes, Lamniformes dan Carcharhiniformes. Orectolobiformes atau biasa disebut masyarakat setempat dengan hiu karpet terdapat dua famili yaitu Rhynchobatidae dan Ginglymostomatidae. Dari masing-masing famili tersebut dicatat masing-masing satu jenis hiu yang didaratkan. Jenis dari famili Rhynchobatidae yang ditemukan adalah Rhynchobatus australiae atau White spotted guitarfish. Hiu jenis ini termasuk hiu yang langka dan jarang sekali ditemukan di perairan Flores. Hal ini dinyatakan oleh White & McAuley (2003), genera hiu ini banyak ditemukan di perairan yang ber-hubungan dengan Samudera Hindia, yang dijelaskan lebih lanjut tersebar di perairan New South Wales, Australia dan ditemukan beberapa spesies endemik di Perairan Thailand, Madagascar, Indonesia Timur, Jawa, Bali dan Lombok sedangkan untuk famili Ginglymostomatidae ditemukan jenis hiu buto atau Tawny Nurse Shark (Alaydrus et al., 2014).

 

Lamniformes merupakan ordo hiu yang juga tertangkap di TPI Labuan Bajo. Dari ordo ini, hanya satu famili yang didaratkan yaitu Odontaspididae. Identifikasi lebih lanjut menunjukkan bahwa hiu ini adalah Carcharias taurus. Hiu tersebut dikenal dengan nama hiu buto abu-abu atau Grey Nurse Shark. Hiu ini tercatat ditemukan di perairan dalam seperti lepas pantai Australia dan Laut Arafuru. Seperti halnya dua perairan tersebut, perairan di Flores juga memiliki kontur yang dalam sehingga hiu buto abu-abu dapat ditemukan di perairan tersebut (Alaydrus et al., 2014).


1. (Rhynchobatus australiae)


2. (Nebrius ferrugineus)

 

3. (Carcharhias taurus)

 

4. (Carcharhinus melanopterus)

 

5. (Carcharhinus limbatus)

 

6. (Carcharhinus amblyrhynchos)

 

7. (Triaenodon obesus)

 

8. (Prionace glauca)

 

9. (Rhizoprionodon acutus)

 

Ordo hiu yang juga ditemukan tertang-kap dan didaratkan di TPI adalah Carcharhini-formes yang memiliki ciri-ciri moncong runcing, gigi yang tersusun rapat dan ukuran yang tidak terlalu besar). Ditemukan 4 genera dari ordo Carcharhini-formes seperti Carcharhinus, Triaenodon, Prionace dan Rhizopriodon serta 6 spesies dari genera tersebut. Spesies yang berhasil diidentifikasi dari genera tersebut adalah Carcharhinus melanopterus (hiu sirip hitam karang), Carcharhinus limbatus (hiu sirip hitam), Carcharhinus amblyrhynchos (hiu abu-abu karang), Triaenodon obesus (hiu sirip putih karang), Prionace glauca (hiu biru) dan Rhizopriodon acutus (hiu pilus). Jenis-jenis hiu ini banyak ditemukan di perairan penuh dengan terumbu karang. Hampir 85% persen hiu ini termasuk jenis hiu karang yang habitat dan siklus hidupnya dilakukan di karang seperti reproduksi, mencari makan serta memijah (Alaydrus et al., 2014).

 

Mc Arthur & Connell (1970), menyatakan bahwa habitat suatu organisme adalah tempat hidup atau tempat ditemukannya organisme tersebut. Komunitas terdiri dari kesatuan faktor abiotik dan biotik. Jadi habitat suatu organisme atau sekelompok organisme meliputi organisme lain dan lingkungan abiotiknya. Banyak faktor yang berpengaruh dan saling berinteraksi di dalam proses seleksi habitat suatu jenis organisme di laut. Seleksi habitat yang dilakukan hiu lebih diutamakan pada kondisi ekologi dan bentuk kehidupan organisme di dalamnya (Alaydrus et al., 2014).

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi.

 

Penulis

Ismail Syakurachman Alaydrus

Narti Fitriana

Yohannes Jamu

 

Daftar Pustaka

Alaydrus, I. S., Narti. F., dan Y. Jamu. 2014. Jenis Dan Status Konservasi Ikan Hiu Yang Tertangkap Di Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores. Jurnal Biologi. 7(2): 83-88.

Google Images. 2022. Rhynchobatus australiae; Nebrius ferrugineus; Carcharhias taurus; Carcharhinus melanopterus; Carcharhinus limbatus; Carcharhinus amblyrhynchos; Triaenodon obesus; Prionace glauca; Rhizoprionodon acutus. Diakses pada tanggal 3 Maret 2022.

Post a Comment for "9 Jenis Ikan Hiu di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores"