Thursday, March 4, 2021

Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus); Habitat, Ciri Khusus, Morfologi, Klasifikasi, Reproduksi, Etc

 


Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Menurut saanin (1984) dalam Herman (2010), klasifikasi ikan bawal putih adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Sub kingdom : Metazoa

Phylum : Chordata

Sub phylum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Sub kelas : Teleostei

Ordo : Percomorphi

Sub cordo : Stromatidea

Famili : Stomateidae

Genus : Pampus

Spesies : Pampus argenteus

 

Ciri Khusus Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Badan sangat pipih lateral (punggung bongkok), moncong sangat pendek, sirip dada tidak runcing sperti Bawal Hitam dan tidak mempunyai sirip perut. Sirip ekor bercagak (forked) dalam, bagian bawah lebih panjang. Warna badan bagian atas abu-abu, bagian bawah putih keperakan. Terdapat bintik-bintik hitam (sangat kecil) pada hampir seluruh tubuh. Sirip punggung ujungnya gelap (Wiadnya, 2014).

 

Morfologi Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Bawal putih sering disebut juga sebagai ikan loang atau ikan darah. Warna tubuh ikan bawal putih adalah abau-abu pada bagian atas dan semakin bawah berwarna putih, bentuk tubuhnya pipih, tulang rahang bawahnya berakir pada mata bagian bawah. Seluruh sirip sirip ikan bawal putih berwarna kuning pucat, pada sirip punggung dan sirip perut bagian tepinya berwarna kehitaman (Purnomowati et al., 2008).

 

Fisiologi Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Makanan yang ditelan dan dicerna oleh ikan akan diubah menjadi energi yang digunakan bagi berbagai fungsi dalam kehidupan ikan untuk tumbuh dan bereproduksi atau untuk mengganti sel-sel yang rusak pada suatu jaringan.Ikan dikenal sebagai binatang yang bersifat poikiloterm atau suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan air tempat hunian ikan. Hal ini akan menentukan laju metabolisme ikan dan oleh karena itu, kebutuhan nutrisi berkaitan dengan suhu lingkungan (Rahardjo et al.,2010).

 

Reproduksi Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Saat pemijahan berlangsung, induk jantan akan mengejar induk betina. Induk betina kerap kali akan membalas dengan cara menempelkan perut ke kepala induk jantan. Apabila telah sampai puncaknya, induk betina akan mengeluarkan telur dan induk jantan akan mengeluarkan sperma. Telur yang telah keluar akan dibuahi dalam air (di luar tubuh).

 

Peranan Bagi Perairan Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Habitat alami ikan Bawal Bintang adalah pada air laut murni (salinitas normal), namun ikan ini dapat juga hidup di air tawar dan payau.Tempat yang disukai adalah laut terutama di daerah berkarang.  Pada saat juvenile hidup di muara sungai dengan dasar berpasir atau pasir berlumpur. Pada saat dewasa akan bergerak ke arah terumbu karang.peran ikan bawal di perairan sebagai konsumen tingkat satu saat juvenil dengan memakan plankton sebagai makanan utama di perairan.

 

Tingkah Laku Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus)

Tempat yang disukai adalah laut terutama di daerah berkarang.  Pada saat juvenile hidup di muara sungai dengan dasar berpasir atau pasir berlumpur. Pada saat dewasa akan bergerak ke arah terumbu karang. Bawal Bintang termasuk ikan predator perenang cepat. Pada saat juvenil ikan hidup bergerombol di daerah muara sungai dan berkarang namun setelah besar hidup sendiri-sendiri (soliter) di daerah karang maupun laut lepas.

 

Penulis

Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Cendana Tv. 2021. https://www.youtube.com/watch?v=kd3QiTg-4as&ab_channel=CENDANATV. Diakses pada tanggal 26 Februari 2021

Saanin, H. 2014. Taksonomi dan kunci identifikasi ikan bina cipta. Bandung

Wiadnya. DGR, D. Setyohadi. 2014. Pengantar Ilmu Kelautan : Jenis Ikan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Brawijaya : Malang.

No comments:

Post a Comment