Enzim Pada Lambung Ikan Karnivora, Ikan Omnivore, Ikan Herbivora (Biokimia Perikanan)



Menurut Furne et al.(2008) dalam Gadri et al.(2014), enzim-enzim yang berperan dalam pencernaan adalah protease, amilase dan lipase yang mengkatalisis pemecahan nutrien komplek (protein, karbohidrat dan lemak) menjadi nutrien sederhana. Pada lambung ikan karnivora terdapat enzim protease dan pada ikan herbivore terdapat enzim amylase. Sedangkan pada lambung ikan omnivore terdapat gabungan antar kedua jenis yaitu protease dan amylase.Aktivitas amilase semakin meningkat dengan meningkatnya umur ikan. Ikan herbivora memiliki aktivitas amilase lebih tinggi daripada aktivitas protease dan lipase. Demikian juga aktivitas protease dan lipase ikan omnivara dan karnivora lebih tinggi daripada amilasenya.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Gadri,S.F.A.,U.Susilo, S.Priyanto. 2014. Aktivitas protease dan amilase pada hepatopankreas dan intestine ikan nilem Osteochilus hasselti C.V. Scripta Biologica.1(1):43-48.

2 comments for "Enzim Pada Lambung Ikan Karnivora, Ikan Omnivore, Ikan Herbivora (Biokimia Perikanan)"

  1. kenapa pada lambung ikan herbivora hanya terdapat enzim amilase?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membantu menguraikan pati yang terdapat pada tubuhan yang dikonsumsi, Pati atau Amilum adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berupa bubuk berwarna putih, tidak berasa dan tidak berbau. Pati adalah komponen utama yang diproduksi tanaman untuk penyimpanan kelebihan glukosa jangka panjang.

      Delete