Saturday, July 4, 2020

Surirella Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Surirella Sp adalah mikroalga jenis diatom yang masuk ke dalam family Surirellaceae, Sel soliter, frustules di korset tampilan cuneate. Katup bulat telur, cuneate, reniform, elips atau linier. Asimetris pada sumbu trans-apikal, ujung atas biasanya bulat melebar, cuneate ujung bawah atau sub-akut. Katup costate permukaan, costae baik pendek atau diperpanjang sehingga mereka bertemu di garis median dalam sumbu apikal. Ruang tengah sering disebut pseudoraphe, linear, lanset, sering tidak jelas, kadang-kadang hialin atau bantalan lipatan pingsan atau striae. Margin katup ditinggikan untuk membentuk sayap-seperti ekstensi orkeels (ganggang). Setelah tepi ekstensi sayap-seperti ini ditanggung raphe, dan saluran halus atau canaliculi berjalan melalui substansi dukungan dari sayap menghubungkan raphe dengan isi sel internal. Pada beberapa spesies ganggang yang pendek dan tidak mudah diakui pada saat sel berbaring dalam pandangan katup, tetapi lebih jelas ketika sel menyajikan tampilan korset. Pada beberapa spesies permukaan katup belang-belang halus antara Costa, di lain puncta tersebut diatur dalam striae marjinal, atau tersebar di bagian tengah katup. beberapa spesies spiral memutar sekitar sumbu apikal, atau ellipitcal menguraikan simetris pada sumbu apikal dan transpical, tapi sedikit mengerut di tengah, memiliki penampilan panduriform. Umumnya bentuk dasar dan pesisir, kadang-kadang terjadi sebagai plankton.(Sachlan,1978).

KLASIFIKASI SURIRELLA SP
Kingdom : Plantae
Phylum : Bacillariophyta
Kelas : Bacillariophyceae
Ordo : Pennales
Family : Surirellaceae
Genus : Surirella
Spesies : Surirella sp

MORFOLOGI SURIRELLA SP
• Sel tunggal (uniseluler) dan motil.
• Sel Tunggal dan non motil.
• Koloni tidak beraturan
• Berbentuk filament tidak bercabang  (James dan Paul,1962)

Berwarna coklat kekuningan,bentuk bulat telur,kloroplas jelas Bentuk oval,umumnya agakpersegi,kloroplas jelas,inti ditengah (Junda, et el., 2012).

HABITAT SURIRELLA SP
Dapat ditemukan di habitat air tawar dan laut dan di daerah epipelic.

CIRI-CIRI SURIRELLA SP
Selnya tidak berbentuk batang, bentuk tutup atau wadah beraneka macam(pennatae), berwarna hijau kekuning-kuningan(mengandung carotine dan xantophyl), dindingsel berbahan silikat, flagel-flagelnya tidak samapanjangnya. (Sumber : Sachlan, 1978

TINGKAH LAKU SURIRELLA SP
Melayang – laying dipermukaan perairan ,tidak dapat melawan arus ,bergerak memnggunakan flagella (bulu – bulu halus).Adaptasi struktural dari hewan invertebrata pada perairan mengalir dengan cara bertaut secara permanen pada suatu substrat, bantuan alat kait atau pelekat, bentuk tubuh yang sesuai dengan habitat, bentuk tubuh yang pipih, bersifat rheotaksis positif, dan thigmotaksis positif. (Davis dan Charles,1955)

PERAN SURIRELLA SP DI PERAIRAN
a. Sebagai produsen primer utam di laut.
b. Sumber pakan alami ikan atau organism air lain
c. Indikator minyak bumi. (Davis dan Charles,1955)

REPRODUKSI SURIRELLA SP
Perkembangbiakan secara vegetative (aseksual) dengan pembelahan sel, fragmentasi, pemisahan koloni, dan pembentukan spora. Perkembangbiakan generative (seksual) dengan konjugasi, isogami , anisogami, dan oogami. (James dan Paul,1962)

FISIOLOGI SURIRELLA SP
Bisa beradaptasi dengan lingkunganya dengan bergerak menggunakan flagella Tubuh berbentuk filament – filament yang mempunyai kesatuan kompleks yang bisa membentuk keseimbangan diperairan. (Effendi, 2003).

PENULIS
Marisa Ruli Susanti
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015
         
DAFTAR PUSTAKA
Davis,  Charles.  C.  1955.  The  Marine  and  Fresh-Water  Plankton.  Michigan  State
Effendi,  H.  2003.  Telaah  Kualitas  Air:  Bagi  Pengelolaan  Sumber  Daya  dan Lingkungan Perairan. Kanisus. Yogyakarta
HabitatSurirella:http://cfb.unh.edu/phycokey/Choices/Bacillariophyceae/Pennate/biraphes/biraphe_unicells/biraphe_unicells_asymmetric/keeled/SURIRELLA/Surirella_key.html
James G Needham and Paul R Needham. 1962. A Guide To The Study of Fresh-Water Biology. San Fransisco : Holden-Day Inc.
Junda Muhamad,Hasrah,Hala.2012, Identifikasi Genus Fitoplankton Pada Salah Satu Tambakudang Di Desa Bontomate’ne Kecamatansegeri Kabupaten Pangkep.
Sachlan, M. 1978. Planktonologi. Jakarta : Lembaga Oseanografi Indonesia.University press.

No comments:

Post a Comment