Wednesday, July 15, 2020

Diaphanosoma Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Diaphanosoma adalah zooplankton yang termasuk ke dalam kelas Branchiopoda dan biasanya digunakan untuk pakan alami larva ikan dan udang.

Klasifikasi Diaphanosoma
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Branchiopoda
Order: Cladocera
Family: Sididae
Genus: Diaphanosoma

Morfologi Diaphanosoma
Diaphanosoma dibedakan dengan memiliki mata majemuk di tengah kepalanya. Ini memiliki antena panjang kedua dengan dua cabang. Tubuh seluruhnya tertutup oleh karapas a. Mereka memiliki banyak setae mengatur berturut-turut sepanjang antena besar-2. (Balcer et al 1984). Karakteristik yang paling membedakan dari Diaphanosoma adalah antena kedua. Yang lebih panjang dari tubuh dan ketika sering diawetkan mencuat ke samping seperti pada gambar 1. Spesies Amerika Utara memiliki beberapa karakteristik yang membedakan termasuk tubuh memanjang tanpa duri shell terminal. Mereka juga memiliki kepala bulat dan tidak memiliki jambul di atas kepala mereka. Antena kedua bisa mencapai margin posterior karapas. (Balcer et al 1984) dan Brooks (1959). Betina dapat tumbuh antara 0,8 mm dan 1,2 mm di Great Lakes. (Brooks 1959).

Habitat Diaphanosoma
Distribusi Diaphanosoma adalah dari Arctic Circle ke negara bagian Louisiana di Amerika Utara. Hal ini juga dapat ditemukan di Eropa, Asia. Dengan beberapa spesies yang ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah. Dengan spesies juga ditemukan di Afrika. Hanya ada dua spesies di wilayah Great Lakes. D. birgei dan D brachyurum. (Balcer et al 1984)

Reproduksi Diaphanosoma
Diaphanosoma spp. biasanya mereproduksi menggunakan partenogenesis. Hampir semua Diaphanosoma adalah perempuan kecuali mereka khusus diciptakan laki-laki yang hanya dibuat ketika stimulus memasuki sistem air. Ketika perempuan Diaphanosoma menerima sinyal stimulus dalam sistem betina Diaphanosoma akan membuat telur laki-laki diploid, yang akan menetas dan kemudian sel telur haploid dari betina. Ini, telur khusus untuk menetas hanya jika kondisi benar dan disebut telur ephippial (Balcer et al 1984). Untuk diagram pertumbuhan Reproduksi Diaphanosoma. Di Great Lakes Genus ini dikonsumsi oleh beberapa spesies ikan termasuk largemouth bass dan bertengger kuning. (Balcer et al 1984).

Peran Diaphanosoma Di Perairan
Gliwicz (1969) menemukan bahwa Diaphanosoma adalah filter makan spesies dan mampu partikel asupan hingga 154 um. Dengan preferensi pada chlorophytes dan diatom. Kerfoot (1991) menyatakan bahwa cladocerans kecil termasuk Diaphanosoma mampu menunjukkan beberapa pilihan rasa dan beberapa diskriminasi berdasarkan ukuran.

Penulis
Widya Pusporini
Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2014

Editor
Gery Purnomo Aji Sutrisno
Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

Daftar Pustaka
GambarDiaphanosoma:http://people.cst.cmich.edu/mcnau1as/zooplankton%20web/diaphanosoma/diaphanosoma.htm

No comments:

Post a Comment