Thursday, May 28, 2020

Ikan Belida; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll


Gambar Ikan Belida (Wibowo dan Sunarno, 2006).

lkan Belida  (Notopterus chitala) adalah  ikan asli Indonesia  yang termasuk ikan ekonomis  penting atautinggi. lkan belida merupakan salah satu  jenis ikan yang terancam kelestariannya. lkan ini  termasuk dalam kelompok ikan  predator  yang aktif pada  malam hari, memiliki  habitat diwilayah  tengah khususnya  rawa banjir (fload plain). Pada saat musim  hujan ikan belida melakukan migrasi  dari sungai utama  atau bagian yang berair lainnya (anak sungai, lebung, dan lain-lain)  ke rawa banjir (fload plain) untuk aktivitas pertumbuhan. Sedangkan  pada  musim kemarau  berada  disungai utama  dan daerah  rawa banjiran lersebut (Wibowo dan Sunarno, 2006).

Nama belida merupakan nama suatu marga di daerah Muara Enim, Sumatera Selatan. Keturunan marga Belida dipercaya memiliki kepandaian berdiplomasi dan berwibawa. Kata "be" berarti mempunyai, dan "lida" padanan kata dari "lidah".Ikan belida dimasukkan kedalam famili Notopteridae dan terdiri dari tiga spesies, yaitu Notopterus notopterus, Notopterus chitala, Notopterus boomeensis. Belida tergolong ikan dari suku kecil ikan air tawar yang terdapat di kawasan tropik Afrika dan Asia Tenggara. Anggota suku ini dapat dikenali dari sirip dubur yang sangat panjang dan berawal tepat di belakang sirip perut dan dihubungkan oleh sisik-sisik kecil dengan sirip ekor. Belida tergolong ikan yang berukuran besar, karena tumbuh memanjang yang dapat mencapai 150 cm.

KLASIFIKASI IKAN BELIDA
Klasifikasi ilmiah Ikan Betok sebagai berikut:
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : Chitala lopis
Nama Sinonim : Notopterus chitala H.B.

HABITAT IKAN BELIDA
Habitat dan penyebaran ikan belida yaitu hidup di air tawar terutama di daerah banjir dan sungai. Dapat berkembang pada tempat-tempat kurang dari 30 meter dari permukaan laut. Ikan belida bisa dijumpai di malaysia dan thailand. Di Indonesia meliputi pulau sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Di Sumatera Selatan khususnya di daerah Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Muara Enim, Musi Banyuasin, Mursi Rawas, Kodya Palembang dan sebagian kecil daerah Kabupaten Lahat.  Ikan belida dapat dijumpai di sungai, rawa-rawa dan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman air. Tersebar di India bagian selatan, Thailand, Malaysia, Kalimantan dan Sumatera.

FISIOLOGI IKAN BELIDA
Ketika kawin, ikan belida meletakkan telurnya pada tonggak-tonggak yang kuat pada kedalaman 1-2 meter. Sarang sibuat oleh ikan jantan dari rantiung dan daun, ikan belida juga menjaga telur dan anak-anaknya.

MORFOLOGI IKAN BELIDA
Bentuk tubuh ikan belida menyerupai pisau sehingga sering disebut knife fish atau ikan pisau. Punggung belida melengkung mulai dari ujung kepala sampai ke ekor seperti lengkungan punggung pisau.  Di Indonesia, ikan belida mempunyai beberapa tampilan visual warna dan bentuk tubuh, yakni hitam, hitam keperakan, hitam kehijauan, albino dan bercorak (batik) pada bagian tubuhnya. Habitat belida mempunyai ciri-ciri seperti terdapat di topografi relatif landai, banyak lekukan dan danau buntu, banyak anak sungai, air relatif keruh, lebih dalam, dan berarus kurang deras.

Ikan belida termasuk jenis ikan yang berukuran sedang, panjang tubuhnya dapat mencapai 90 cm. Bentuk tubuhnya pipih memanjang, dari samping oval memanjang dengan bagian punggung nampak menonjol. Tubuhnya terdapat sisik-sisik yang ukurannya amat kecil, garis linia lateralis tampak jelas. Sirip dada dan perut posisinya di bagian depan, dekat dengan tutup insang, sedang sisip anal nampak memanjang dari belakang sirip perut ke arah belakang dan menyatu dengan  sirip ekor yang bentuk runcing. Sirip punggung posisinya tepat ditengah tubuh, bentuk mirip layar, namun berukuran kecil. Mata berukuran besar. Warna tubuhnya metalik, abu-abu kebiruan, di bagian dorso-ventral tubuh terdapat pola-pola lingkaran berwarna hitam dengan bingkai putih yang jumlahnya enam pasang di lateral tubuh.

CIRI-CIRI IKAN BELIDA
Ikan Belida berukuran sedang, panjang maksimum 100 cm dan berat rata-rata 0,5-1 kg, di alam asli bisa mencapai 2 - 4 Kg. Bentuk badannya pipih dengan kepala yang berukuran kecil dan di bagian tengkuknya terlihat bungkuk. Rahang atas letaknya jauh di belakang mata. Badan tertutup oleh sisik yang berukuran kecil. Sisik di bagian punggungnya berwarna kelabu sedangkan di bagian perutnya putih keperakan. Pada bagian sisinya terdapat lingkaran putih seperti bola-bola hitam yang masing-masing dikelilingi lingkaran putih. Dengan bertambahnya umur hiasan tubuh ikan belida akan hilang dengan sendirinya dan diganti oleh garis-garis kehitaman, sistem reproduksi ikan ini dengan bertelur. Merupakan ikan air tawar yang bersifat predator atau pemangsa dan nokturnal (aktif pada malam hari). Pada siang hari biasanya bersembunyi diantara vegetasi. Makanannya berupa anak-anak ikan dan udang. Tak jarang mangsanya berukuran lebih besar. Ikan belida jantan bertugas membuat sarang yang dibuatnya dari ranting dan daun, juga menjaga telur dan anak-anaknya. Ikan belida dapat menghirup udara dari atmosfir. Ikan karnivora ini hidup di kedalaman 2-3 meter di tempat-tempat gelap. Saat air sungai meluap, mereka naik ke rawa-rawa untuk kawin dan melepas telurnya di sana.

REPRODUKSI IKAN BELIDA
Ikan belida memijah sepanjang tahun, dengan puncak musim pemijahan terjadi pada musim kemarau. Pada musim kemarau seluruh induk belida matang gonad (100%), sedangkan pemeliharaan pada musim hujan, persentase induk belida yang matang gonad hanya 60-80%. Dalam berkembangbiak, belida jantan membuat sarang dari ranting dan daun, serta menjaga telur dan anak-anaknya. Telur yang dikeluarkan oleh induk betina diletakkan pada substrat yang dibuat oleh induk jantan. Seekor belida betina dapat menghasilkan 6-10 ribu telur dengan diameter telur 0,15-3,55 cm. Ikan belida melakukan perkawinan secara berpasangan, telurnya dibuahi secara eksternal dan diletakkan di dalam sarang yang dibuat pejantan dari bahan ranting dan daun. Pejantan akan menjaga telur yang jumlahnya mencapai 10.000 butir hingga menetas dan menjaga larva dari kemungkinan dimakan ikan lainnya.

PERAN IKAN BELIDA DI PERAIRAN
Ikan belida bersifat predator (pemangsa), makanannya terdiri dari anak-anak ikan dan udang. Berkembang biak secara alami diperairan umum menjelang air besar (awal musim penghujan). Ikan Belida termasuk ikan predator yang memakan berbagai hewan air, terutama ikan dan udang. Sebagai predator, belida juga bersifat kanibal, yaitu memangsa jenisnya sendiri yang berukuran lebih kecil. Sebagai hewan noktunal (aktif pada malam hari), belida aktif mencari makan pada malam hari. Karena itu dalam pembudidayaannya ikan belida diberi pakan dengan jumlah lebih besar pada sore hari. Ikan belida termasuk jenis ikan predator, pemangsa. Jenis-jenis mangsa yang disukai yaitu antara lain: larva dan serangga dewasa, cacing, udang, ikan lainnya.

TINGKAH LAKU IKAN BELIDA
Ikan belida tampak pergerakannya lamban, namun ikan ini dapat bergerak amat cepat jika memangkap mangsanya. Dapat bergerak ke arah depan dan belakang dengan bantuan gerak sisip anal.an makanan, tetapi terkadang juga menunggu mangsa sambil bertengger di pohon dekat perairan, dan sesekali terlihat berjalan di permukaan tanah mencari semut atau serangga-serangga kecil.sayap terlipat dan dilakukan secara berulang-ulang. Terbang rendah di atas permukaan air untuk berburu.

MANFAAT IKAN BELIDA
Ikan belida (Notoptera  chitala) Sebagai contoh Sumatera Selatan,  ikan belida ditetapkan sebagai  maskot fauna Sumatera Selatanoleh pemerintah daerah setempat, selain itu jugadigunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan makanan khas daerah seperti empek-empek, kerupuk, kemplang, dan bahan pangan yang lain Di Propinsi  Jambi ikan ini sebagai ikan unggulan  daerah yang habitatnya tersebar di daerah aliran Sungai Batang hari  beserta anak-anak  sungainya  yaitu Sungai Batang Tebo, Sungai Batang Tabir, dan Sungai Batang Tembesi (Wibowo dan Sunarno, 2006).

PENULIS
Walinda Intan R
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2012

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
http://etnics.com/2013/02/ikan-belido-atau-ikan-belida-notopetrus.html
http://gembiralokazoo.com/collection/belida.html
http://id.wikipedia.org/wiki/ikan_belida
http://www.pemeliharaan.web.id/2012/01/pemeliharaan-dan-budidaya-ikan-belida.html
Wibowo, A., Dan M. T. D. Sunarno. 2006. Bawal: Vol 1 No.  1-April 2006: 19-24karakteristik Habitat Ikan Belida (Notoptera Chitala). Bawal: Vol 1 No.  1-April 2006: 19-24

No comments:

Post a Comment