Tuesday, March 3, 2020

Ikan Aligator Atau Alligator Gar; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Aligator – Ikan Aligator Gar merupakan spesies yang tergolong ordo pisces (ikan-ikanan) dengan moncongnya yang berbentuk panjang ke depan layaknya seekor buaya. Wajar saja, karena moncongnya itulah ikan ini sering dikenal sebagai ikan buaya.

Ikan Aligator Gar atau ikan buaya ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa, tergantung pada varietasnya. Bahkan, saking besar ukurannya menjadikan ikan ini sebagai salah satu jenis ikan hias sekaligus ikan predator terbesar di dunia.

Walaupun berkarakter ganas dan mampu tumbuh hingga mencapai ukuran yang amat luar biasa, ternyata tidak menjadikan ikan asal benua Amerika ini hidup tanpa penggemar. Justru, ikan aligator ini terkenal sebagai ikan hias cantik yang telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pada dasarnya, ikan Aligator Gar ini termasuk salah satu spesies ikan purba yang masih hidup hingga saat ini. Ikan Aligator Gar telah meninggali dunia ini sejak lebih dari 100 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, ikan ini juga sering dijuluki sebagai “ikan primitif” atau “fosil hidup”.

KLASIFIKASI IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR
Klasifikasi ikan alligator berdasarkan Saanin (1984):
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Lepisosteiformes
Famili
: Lepisosteidae
Genus
: Atractosteus
Spesies
: Atractosteus sp

HABITAT IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR
Habitat ikan alligator adalah sungai yang berarus lemah, rawa-rawa dan danau. Ikan alligator dewasa menghuni tempat dalam, sedangkan ikan kecilnya cenderung bergerak kearah tepian sungai yang banyak tanaman air. Ikan alligator jenis longnose gar, spotted gar dan alligator gar menghuni perairan tawar dan payau. Sementara florida spotted gar, shortnose gar, Cuban gar dan tropical gar berada diperairan tawar (Zairin, 2004).

MORFOLOGI IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR
Ikan alligator tergolong unik dalam banyak hal. Ikan ini memiliki bentuk tubuh silindris memanjang menyerupai torpedo. Sirip punggung dan sirip analnya terletak pada bagian belakang tubuh pada posisi hampir berlawanan. Mulutnya bermoncong panjang mirip buaya. Oleh sebab itu, ikan ini disebut ikan buaya. Ikan bergigi tajam ini dilindungi sisik yang berfungsi sebagai perisai. Ikan alligator umumnya berwarna cokelat atau kehijauan pada bagian atas tubuhnya (Zairin, 2004).

CIRI-CIRI IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR
Ikan alligator memiliki ciri yaitu mulutnya moncong yang dikelilingi oleh banyak gigi taring yang runcing sebagai alat bantu untuk memangsa ikan kecil. Ikan alligator panjang tubuhnya bisa mencapai 2 meter lebih. Ikan alligator adalah ikan predator asal perairan, amerika memiliki kulit sisik yang keras dan sangat tajam yang mampu melukai hewan lain (Amri dan Khirulman, 2008).

JENIS IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR

Ikan Aligator Longnose Gar


Ikan Aligator Longnose Gar (Lepisosteus osseus) ini merupakan jenis ikan Aligator Gar yang berasal dari benua Amerika, terutama Amerika Utara dan Amerika Tengah. Ikan ini banyak ditemukan di New Mexico, Kansas, Texas, dan daerah-daerah Amerika lainnya.

Ikan Aligator Shortnose Gar


Berbeda dengan halnya ikan Aligator Longnose Gar, ikan Aligator Shortnose Gar (Lepisosteus platostomus) ini memiliki moncong yang lebih pendek ketimbang Longnose Gar. Hal itupun yang menginspirasi penamaannya yakni Shortnose Gar yang berarti “hidung yang pendek”.

Ikan Aligator Spotted Gar


Ikan Alligator Spotted Gar (Lepisosteus oculatus) ini termasuk salah satu jenis ikan Aligator yang cukup sulit ditemukan, baik di alam liar maupun di pasaran. Pasalnya, populasi ikan aligator jenis ini sudah semakin menipis jumlahnya, walaupun belum mencapai level terancam punah.

Ikan Aligator Florida Gar


Bisa dikatakan ikan Aligator Florida Gar (Lepisosteus platyrhincus) merupakan kembaran dari ikan Aligator Spotted Gar, karena memang kedua jenis ikan Aligator ini sangatlah mirip dan sulit dibedakan. Hanya saja, ikan Aligator Florida Gar ini masih banyak dijumpai di pasaran.

Ikan Alligator Gar


Dari berbagai macam jenis ikan Aligator yang ada, ikan Alligator Gar (Atractosteus spatula) lah yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Ikan Aligator jenis ini mampu tumbuh hingga berukuran 3 meter dengan berat tubuh seberat 140 kg.

Ikan Aligator Tropical Gar


Tropical Gar (Atractosteus tropicus) merupakan jenis ikan Aligator yang berasal dari Amerika, tepatnya di Meksiko. Jika dilihat sekilah, tubuhnya ini terlihat seperti ikan Aligator jenis Longnose Gar, hanya saja ikan Aligator Tropical Gar ini memiliki moncong yang lebih pendek.

Ikan Aligator Cuban Gar


Ikan Aligator jenis Cuban Gar (Atractosteus tristoechus) merupakan jenis ikan Aligator yang ditemukan di Kuba. Karena tempat asalnya itulah ikan Aligator jenis ini dinamakan Cuban Gar. Sayang, ikan Aligator Cuban Gar ini tergolong terancam punah.

Ikan Aligator Xanthic Gar (The Gold Gar)


Xanthic Gar atau yang dikenal sebagai The Gold Gar (Lepisosteus platyrhincus) ini merupakan salah satu jenis ikan Aligator yang memiliki kelainan genetik. Karena kelebihan pigmen berwarna kuning, seluruh tubuh ikan ini diselimuti oleh kuning cerah keemasan sehingga dinamakan The Gold Gar.

Ikan Aligator Leucistic Gar (Platinum Gar Dan Snow White Gar)


Leucistic Gar ini merupakan jenis ikan Aligator yang mengalami kecacatan genetik karena hanya memiliki 2 pigmen saja, yakni hitam dan putih. Hal tersebut berbeda dengan albino yang sama sekali tidak memiliki pigmen.

Ikan Aligator Melanistic Gar (The Black Gar)


Melanistic Gar merupakan jenis ikan Aligator dengan kelainan genetik yakni hanya memiliki pigmen berwarna hitam saja. Karena itu, tubuh ikan Melanistic Gar ini berwarna hitam legam. Kelainannya tersebut justru menjadikan ikan ini tampil begitu cantik.

Ikan Aligator Albino (Albino Gar)


Seperti yang telah disinggung tadi, Albino Gar ini berbeda dengan Leucistic Gar. Hal tersebut dikarenakan kelainan genetik yang dialami jenis Albino Gar ini adalah benar-benar tidak memiliki pigmen. Perbedaannya akan nampak jelas pada matanya karena Albino Gar memiliki mata berwarna merah.

REPRODUKSI IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR
Perkawinan untuk Aligator terjadi pada musim semi, setelah kawin, pasangan akan berpisah. Dia akan mencari area tersembunyi yang dapat melindungi telur mereka mereka dari predator pemangsa lainnya.

Namun, hanya sebagian kecil dari anak-anaknya yang akan bertahan hidup sampai usia dewasa.

Mungkin sulit untuk menentukan usia ikan Aligator. Namun, diyakini bahwa dalam kondisi yang tepat di alam liar, betina mereka bisa hidup 50 tahun dan jantan 26 tahun.

MANFAAT IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR

1. Menambah Keindahan di Rumah
Salah satu manfaat ikan aligator bagi pemeliharanya adalah ikan aligator mampu memberikan keindahan bagi akuarium pemeliharanya, karena ikan aligator merupakan jenis ikan hias dan merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak keunikan.

2. Melatih Kesabaran Pemelihara
Dengan memanfaatkan ikan aligator maka akan membantu pemelihara melatih kesabaran nya dengan demikian harus diberikan pemeliharaan yang khusus bagi seorang Komunikator harus memiliki kesadaran yang cukup baik.

3. Melatih Kejelian dan Ketelitian Pemeliharan
Selain melatih kesabaran memelihara ikan aligator juga membantu memelihara dan melatih kejelian dan ketelitian dalam melakukan perawatan aligator dengan demikian tentu membuat pemeliharaan juga terlatih akan teliti dan jeli.

4. Membuat Pemelihara Menjadi Senang
Bagi seseorang yang sedang memelihara ikan artinya akan menjadikan memelihara ikan aligator membuat dirinya menjadi senang, Mengapa demikian karena dan memelihara ikan aligator yang menjadi hobi bagi mereka yang senang memelihara ikan akan membantu meningkatkan mood dan membuat si pemelihara menjadi lebih merasa bahagia. Selain dari memelihara ikan aligator dengan tertawa dan olahraga juga dapat memberikan kesenangan, maka baca juga manfaat tertawa dan manfaat olahraga.

5. Sebagai latihan pemeliharaan ikan hias
Ikan aligator merupakan salah satu jenis ikan hias yang memerlukan kesabaran dan perawatan khusus dalam merawat serta memeliharanya sehingga dengan demikian untuk merawat ikan aligator akan melatih memelihara ikan hias dalam memelihara ikan hias apabila memelihara ikan hias saja mampu untuk memelihara ikan aligator maka untuk memelihara ikan ikan lainnya akan lebih mudah.

6. Membantu pencinta ikan aligator memahami habitat ikan
Manfaat lain dari ikan aligator adalah dapat membantu pecinta ikan aligator memahami habitat ikan, karena kita ketahui bersama ikan aligator juga memerlukan perawatan sesuai dengan habitat aslinya.

7. Pemelihara mampu memilih tempat yang baik untuk peliharaannya
Selain harus sesuai dengan habitat aslinya dalam memelihara ikan aligator perlu memilih tempat yang baik. Ikan aligator dapat memiliki panjang sampai 7meter dan dengan berat 350 kg Maka dalam memilih tempat ikan aligator haruslah sesuai dengan kebutuhan ikan aligator.

8. Memberikan keunikan
Dengan moncong yang dimiliki oleh ikan aligator ini memberikan keunikan yang cukup untuk memelihara ikan aligator dengan demikian memelihara ikan aligator dapat dijadikan memelihara ikan yang unik. Meskipun dalam pemeliharaan ikan ini cukup sulit.

9. Melatih hidup bersih
Manfaat lain dari ikan aligator adalah melatih hidup bersih, Mengapa demikian karena ikan aligator biasa dengan air yang bersih untuk aquarium ikan aligator perlu diganti 10 hari sekali. Hal ini dimaksudkan agar keunikan dari ikan aligator tidak tertutupi dengan air yang keruh.

10. Membuat bahagia
Selain itu selain melatih kebersihan ikan aligator membuat hati bahagia, apalagi ketika ikan yang dipeliharanya banyak yang menyukai. Ikan aligator merupakan ikan yang sangat unik apabila dijual ini juga memiliki harga yang cukup mahal.

11. Memahami Mood Ikan
Dalam memelihara ikan aligator perlu memahami tingkat mood dari ikan maka dari itu bagi pemelihara ikan aligator haruslah memahami tingakat mood dari ikan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan makan ikan aligator yang dilakukan secara monoton akan membuat ikan aligator menjadi bosan sehingga perlu dilakukan selang-seling dalam memberikan makan pada ikan ini.

12. Melatih tanggung jawab pemelihara
Memelihara ikan aligator bukanlah hal yang mudah, perlu keahlian khusus dalam memlihara ikan ini, memelihara ikan aligator pun termasuk memelihara ikan yang berbahaya, layaknya seperti memelihara harimau, sehinga dengan demikian perlu tanggunjawab penuh dalam pemeliharaannya agar tidak lengah. Hal ini menyebabkan pemelihara ikan aligator terlatih tangunawabnya.
Itulah beberapa manfaat yang diberikan ikan aligator pada pemeliharannya, pada dasarnya memang setiap ikan hias memiliki anfaat bagi pemeliharanya terutama bagi mereka ikan-ikan yang menyukai kebersihan, tentu salah satu manfaat yang akan dirasakan oleh pemilik atau pemelihara ikan adalah pemelihara menjadi terbiasa akan hidup bersih, karena sejatinya, hidup bersih sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari.

PERAN IKAN ALIGATOR ATAU ALLIGATOR GAR DI PERAIRAN
Ikan Aligator mempunyai peranan sebagai predator puncak di suati sistem perairan, meskipun ikan ini eksotis dan menarik karena mirip dengan buaya alligator, ternyata ikan ini berbahaya! Ikan aligator di anggap berbahaya karena bisa merusak sumber daya perairan. Ikan jenis ini memangsa ikan jenis lain yang berukuran lebih kecil.

Di beberapa daerah sudah sering dilaporkan penemuan ikan jenis ini dan membuat geger penduduk. Bahkan ikan ini sempat disangka hewan jadi-jadian di satu daerah tertentu.

PENULIS
Anhar Ridwan
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Arie, U. 2000. Budidaya Ikan Aligator. Penebar Swadaya. Jakarta.
Arikunto, s. 2002. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
De Leon, F. J. G., LG. Gracia, J. M. H Castillo, K. O. Winnemiller & A Banda-Valdes. 2001. Ecology of the Aligator gar, Atractosteus Spatula, in the Vicente Guerrerro   reservoir,Tamau lipas, Mexico. The Southwestern Naturalist : 151-157.
Effendie, M. I. 2002. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta.
Hasan, I. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta. 260 hal.
https://fatasama.com/jenis-ikan-aligator/
https://kuyahejo.com/ikan-aligator/
https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-aligator
https://www.kompasiana.com/geshayuliani/5530202a6ea834f62f8b45bd/kenali-alligator-spatula-bahaya-invasif-untuk-perikanan-indonesia?page=all
Saanin, H. 1984. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan. University of California : Binacipta.
Zairin, M. 2004. Budidaya Ikan Aligator. Penebar Swadaya. Jakarta.

No comments:

Post a Comment