Thursday, November 12, 2020

Ikan Datz Atau Tiger Fish (Datnioides Sp.); Klasifikasi, Morfologi, Habitat, Jenis



Klasifikasi Ikan Datz

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Datnioididae

Genus : Datniodes

Species:

1. Datnioides quadrifasciatus

2. Datnioides campbelli

3. Datnioides pulcher

4. Datnioides microlepis

 

Morfologi Ikan Datz

Tiger fish dapat tumbuh hingga 18 inci di alam liar, tetapi mereka jarang mencapai ukuran ini di akuarium rumah. Dalam lingkungan terkontrol seperti akuarium, mereka biasanya hanya akan mencapai antara 10 sampai 14 inci. Mereka bisa hidup hingga 15 tahun jika dirawat dengan baik dan ditempatkan di sebuah akuarium besar.

 

Tiger fish memiliki tubuh tinggi dengan dahi yang miring tajam. Berwarna emas dan ditutupi dengan bar vertikal hitam yang memanjang di seluruh tubuh. Tergantung pada lokasi geografis, corak mereka antara 5 dan 7 bar.

 

Dibedakan dengan pola warna biasa yang terdiri dari 4 atau 5 batang reguler dan lebar pada bodi; batang 1 dari tengkuk melalui opercle ke regio toraks dan melintasi permukaan ventral tubuh; batang 2 dari pangkal duri punggung 2-5 sampai sedikit di depan asal sirip dubur; batang 3 dimulai dari pangkal tulang punggung 9 sampai pangkal sinar dorsal 2, dan berakhir di pangkal sinar dubur 2-6; batang 4 di setengah posterior tangkai ekor. Panjang Standar Maksimum 350 - 400 mm.

 

Habitat Ikan Datz

Tiger fish adalah ikan yang berasal dari aliran sungai dan anak sungai tropis di indonesia dan Thailand. Tiger fish sangat populer di kalangan penghobi akuarium karena warnanya yang seperti harimau.

 

Penghuni eksklusif sungai air tawar yang besar, dalam, biasanya dataran rendah, dan tidak berpikir untuk memasuki lingkungan payau. Ini telah dikumpulkan dari hutan banjir selama musim hujan tahunan. Penurunan besar-besaran populasi alam liar, yang dihipotesiskan melebihi 90% sejak pertengahan 1980-an, diperkirakan disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan habitat akibat pembangunan bendungan dan infrastruktur lainnya, penghapusan vegetasi tepi sungai, dan polusi perkotaan, ditambah penangkapan ikan yang berlebihan untuk konsumsi manusia dan perdagangan akuarium. Saat ini dianggap 'Sangat Terancam Punah' oleh IUCN.

 

Tercatat dari sistem sungai Mae Klong dan Chao Phraya di Thailand, cekungan Mekong tengah dan bawah di Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam, dan DAS Đồng Nai di Vietnam. Ini telah punah secara lokal di Thailand sejak 1990-an, dengan populasi yang sangat berkurang di tempat lain. Lokalitas jenisnya adalah 'Bung Boraphet, Thailand', sesuai dengan danau air tawar besar yang juga dikenal sebagai Bueng Boraphet di lembah Sungai Chao Phraya, provinsi Nakhon Sawan, Thailand tengah.

 

Di indonesia juga terdapat ikan ini yaitu di (Sungai Batang Hari, Sumatra; Sambas; Kapuas dan Sungai Barito, Kalimantan, Borneo).

 

Jenis Ikan Datz



1. Datnioides pulcher dari Siam. Harga Datnioides pulcher menjadi sangat mahal karena populasinya sudah terancam punah akibat over fishing, perdagangan dan rusaknya habitat. Kadang kadang ditemukan spesimen Indo Datz yang memiliki corak loreng-loreng mirip Pulcher, hanya saja kualitas warnanya jauh lebih rendah dari Pulcher. Pulcher memiliki tiga garis utama pada tubuh dan dua garis tidak rata pada sirip ekor.

 


2. Datnioides Undecimradiatus atau Golden Datz  yang memiliki warna paling cantik. Warnanya tubuhnya keemasan dan corak garis di tubuhnya lebih tipis daripada jenis Tiger Datz yang lain, karena itulah sering disebut Thin Bar Datz.

 


3. Papua Datz (Datnioides Campbelli) adalah jenis Datz yang mulai terkenal. Ikan ini berasal dari pulau Papua. Meski corak loreng-lorengnya terlihat kotor, namun warna kuningnya sangat terlihat cantik.

 


4. Datnioides Pollota atau dikenal dengan nama Silver Tiger Pierce. Jenis ini bedanya dengan yang lain adalah warnanya yang silver dan juga loreng yang tebal dan seperti terdapat bayangan loreng di belakangnya.

 


5. Datnioides Microlepis atau dikenal dengan nama Indo Datz.


Penulis 

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi


Daftar Pustaka

IkanDatzhttps://tabloidsinartani.com/detail/indeks/akuamina/13878Aneka-Ragam-Tiger-Fish-Sama-Sama-Mahal

Ikan Datz https://www.seriouslyfish.com/species/datnioides-pulcher/

IkanDatzhttps://www.fishbase.se/Summary/SpeciesSummary.php?id=50395&lang=bahasa

Klasifikasi Ikan Datz https://brainly.co.id/tugas/14971121

No comments:

Post a Comment