Thursday, May 14, 2020

Ikan Lemon; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Lemon (L. Leleupi) hidup di perairan tawar. Ikan lemon termasuk ke dalam omnivora, agak pemalu dan mudah beradaptasi dengan segala macam ikan. Ikan lemon dapat hidup secara tunggal maupun berpasangan. Sifat ikan lemon tidak teritorial tetapi akan menjadi agresif terhadap ikan lain yang mirip dalam bentuk tubuh atau warnanya. Ikan lemon dapat hidup dengan baik pada kadar oksigen yang cukup (Saolisa, et al., 2018).

KLASIFIKASI IKAN LEMON
Menurut Poll (1956) dalam Zipcodezoo (2011), klasifikasi ikan lemon adalah sebagai berikut :
Kingdom : Animalia
Superphylum : Deuterostomia
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Infraphylum : Gnathostomata
Superclass : Gnathostomata
Class : Actinopterygii  
Subclass : Neopterygii
Infraclass : Teleostei
Superorder : Acanthopterygii
Order : Perciformes
Suborder : Labroidei
Family : Cichlidae
Genus : Lamprologus
Series : Percomorpha
Species : L. leleupi
Subspecies : leleupi

HABITAT IKAN LEMON
Menurut Ela (2013), ikan lemon berasal dari danau Tongayika, Afrika. Pada habitat aslinya hidup pada pH tinggi yaitu sekitar 7,8 sampai 9 dan suhu sekitar 25oC-30oC. Tetapi dengan adanya peranakan, ikan lemon dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Sedangkan menurut Rohman (2013), ikan lemon memakan semua jenis makanan. Ikan ini pada dasarnya galak, agresif dan suka menyerang. Hidup pada pH 7,8 sampai 9 dengan suhu 25oC-30oC sama dengan penjelasan Ela. Menurut Mypethouse (2008) dalam Ivonvernanda (2014), habitat dari ikan lemon ini juga perlu diperhatikan agar ikan lemon dapat tetap hidup. pH yang dibutuhkan berkisar antara 7.5-9.2. Suhu air yang cocok adalah 25-27ºC dan pakan yang cocok untuk ikan ini adalah cacing beku, cacing sutera (tubifex), granul.

FISIOLOGI IKAN LEMON
Suhu merupakan faktor abiotik yang paling berpengaruh pada lingkungan perairan dan mempengaruhi aktifitas biologis spesies ikan tertentu melalui gerakan operculum ikan lemon (Lamprologus leleupi). Jika suhu tinggi dapat menyebabkan gangguan fisiologi ikan. Sebagai hewan air, ikan memiliki beberapa mekanisme fisiologis yang tidak dimiliki oleh hewan darat. Ikan lebih toleran terhadap perubahan suhu air (Octafiany, 2015).

MORFOLOGI IKAN LEMON
Menurut Madinah (2013), ikan lemon mempunyai warna kuning disepanjang tubuhnya. Karena hal itu disebut iakn lemon cichlid. Kan lemon dapat tumbuh sampai 10 cm untuk ikan jantan, sedangkan ikan betina memiliki panjang kurang dari 10 cm. Menurut Wildan (2009) dalam Ivonvernanda (2014), Lamprologus leleupi atau leleupi  memiliki bentuk tubuh agak membulat. Tubuh dari ikan ini terlidung oleh sisik yang bertipe ctenoid. Tipe mulutnya terminal yaitu diantara dorsal dan ventral bagian anterior. Tipe ekornya protocercal karena bentuknya tumpul. Memiliki alat gerak berupa sirip, sirip ada di bagian pectoral, dorsal, ventral, dan caudal. Memiliki linea lateralis dengan bentuk lurus. Linea lateralis berfungsi untuk mengetahui tekanan air. Alat penyeimbang tubuh saat berenang yaitu ekor.

CIRI-CIRI IKAN LEMON
Leleupi merupakan ikan yang sulit dibedakan antara jantan dan betina. Satu-satunya pencirian adalah ikan jantan akan tumbuh lebih besar dibanding ikan betina. Beberapa indikasi yang mungkin bisa dilihat adalah ikan jantan bisa memiliki kepala lebih besar dan sering menunjukkan gejala jenong (Ela, 2013). Menurut Ridwanabdulrohman (2012) dalam Ivonvernanda pada lemon cichlid jantan memiliki ciri-ciri: ukuran tubuhnya jauh lebih besar daripada betina, warna sirip atas dan bawahnya hitam. Sedangkan lemon cichlid betina ukuran tubuhnya jauh lebih kecil daripada jantan, warna sirip atas dan bawahnya kuning.

REPRODUKSI IKAN LEMON
Menurut Seputar Ikan (2014), spesies ini, seperti Astatotilapia burtoni, adalah mouthbrooder betina, yang berarti telur, menetas, dan berkembang di mulut betina (rongga bukal), selama sekitar tiga minggu. Ikan ini ovophiles dan jantan akan menggali lubang di pasir dalam wilayahnya, di mana betina meletakkan telur, betina kemudian mengambil telur tersebut ke dalam mulutnya untuk pembuahan.

PERAN DI IKAN LEMON DI PERAIRAN
Ikan lemon merupakan salah satu indikator rheotaksis negatif. Karena ikan lemon berhabitat di perairan tenang sehingga ikan tersebut menjauhi sumber arus dan lebih mengikuti arah arah arus.

MANFAAT IKAN LEMON
Ikan lemon juga sering digunakan sebagai ikan hias pada akuarium karena warnanya yang sangat sedap dipandang mata, serta memanjakan pandangan bagi orang yang melihatnya.

TINGKAH LAKU IKAN LEMON
Ikan lemon merupakan salah satu ikan perenang cepat. Dimana dia akan berenang agresif seperti liar. Terkadang ikan ini akan menyerang ikan-ikan lainnya yang satu kolam dengan ikan tersebut.

PENULIS
Saraswati Destri Pritaningtyas
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Ela. 2013. Klasifikasi dan deskripsi ikan lemon. http://hidamarivifa.blogspot.com/2013.07/klasifikasi.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2015 pukul 07.30 WIB.
https://alchetron.com/Neolamprologus-leleupi
Ivonvernanda.2014.Ekologiikan.www.ivonvernanda.tumblr.com/post/70681656795/ ekologi-ikan.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2015 pukul 07.16 WIB.
Madinah.2013.Morfologidanklasifikasiikanlemon.http://pustakasekolah.com/morfologi-dan-klasifikasiikanlemon.html. Diakses pada tanggal 27 Desember 2015 pukul 10.14 WIB.
Octafiany, E. 2015. Ekologi hewan. Laporan Praktikum. Universitas Muhammadiyah Malang.
Rohman, A. 2013. Bab I pengaruh suhu salinitas arus. http://alirohman.blogspot.com/2013/03/bab-I-pengaruh-suhu-salinitas-arus.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2015 pukul 09.15 WIB.
Saolisa, R., D. Aliani., I. F. Syafira., I. S. Rizki., M. Aunurrofiq., E. Mardiana., M. Maulidia., dan A. Saefullah. 2018. Perbandingan Kekuatan Ikan Lemon (Lubia Caeruleus) dengan Ikan Lele (Clarias Batrachus) pada Tegangan 18 Volt. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. Vol 4, No.2, Hal 57-66.
Seputarikan. 2014. Ikan air laut hias ikan lemon, http://www.seputarikan.com/2014/10/ikamairlauthiasikanlemon.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2015 pukul 10.31 WIB.
Zipcodezoo. 2011. Lamprologus leleupi leleupi. www.zipcodezoo.com

No comments:

Post a Comment